Kenangan Saya (Rey Arifin) di Smeamu FM



Gak terasa, sudah lama sekali saya mengundurkan diri dari 101.7 Smeamu FM, sebuah stasiun radio komunitas milik SMEA Muhammadiyah Kepanjen (dikenal dengan singkatan SMEAMU namun sekarang bernama SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen).

Seperti baru kemarin, saya ada di lantai 2 Gedung Smeamu, memberi sambutan kegiatan Jumpa Fans Crew Smeamu FM, seperti pada foto atas. Seperti baru kemarin juga, saya selesai siaran acara "Nobar" (Nongkrong Bareng) sampai larut malam.

Ini adalah dunia pekerjaan terindah saya ketika saya masih menjadi karyawan, karena terlama dan sesuai dengan hobi dan keahlian saya.

Sebagai karyawan di Smeamu FM, posisi saya cukup lumayan, seorang Manager Penyiaran. Jadi, waktu itu semua proses penyiaran adalah tanggung jawab saya.

Waktu saya bekerja di Smeamu FM, saya betul-betul menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Ya, maklum, masa muda, masih semangat-semangatnya untuk bekerja dan berkarya.

Jadi, waktu itu, saya tidak hanya sebagai Manager Penyiaran saja, tapi sekaligus Penyiar dan Teknisi juga. Sebab, ada kurang betulnya di studio, sebagian besar saya yang turun tangan pertama. Misal, ada kabel putus, ada program komputer yang error, ada virus di komputer, install ulang program, termasuk yang membuat iklan-iklan dan jingle yakni bidang produksi juga saya juga yang mengerjakannya.

Ya, semuanya saya pelajari dan saya kerjakan karena saya memang ingin menimba ilmu sebanyak-banyaknya di Smeamu FM.

Saya ingat, saya siaran dan mendampingi beberapa siswi untuk praktik siaran di Smeamu FM.

Saya siaran di pagi hari (jam 7 sampai 8 pagi) setiap hari di program acara INFOES (Info Pagi Smeamu), sebuah acara news / pembacaan berita pagi. Karena acara ini setiap pagi saya mengambil koran di Pak Ali AREMA (agensi koran) untuk saya baca waktu siaran. Waktu itu Toko Agensi Pak Ali bernama Ravy Sport dan Ardy Agency yang sekarang menjadi Apotik Arema. Saya siaran INFOES dari jam 7 pagi sampai dengan jam 8 pagi.

Setelah saya siaran di acara Infoes, tepat jam 8 saya mulai mendampingi Siswi-Siswi Smeamu untuk praktik siaran. Ya, radio ini semacam menjadi ekstrakurikuler sekolah waktu itu. Ada beberapa siswi yang ikut ekskul broadcasting ya praktik siaran di Smeamu FM.

Jam 8 sampai jam 9 pagi acara Goyang Smeamu, yakni program acara lagu dangdut. Jam 9 pagi sampai jam 11 siang acara Smeamu Request, program acara request lagu-lagu Indonesia terbaru. Jam 11 siang sampai 1 siang acara Rumah Kita, program acara baca-baca tips-tips keluarga. Di semua acara tersebut rata-rata adalah Siswi Smeamu yang siaran. Saya hanya mendampingi, mengajar di awal pertama belajar dan lalu mengawasi dan membimbing di siaran berikutnya.

Karena siswi Smeamu waktu itu semua masuk siang, jadi praktik ekskul siaran sampai jam 1 siang saja.

Lalu, jam 1 siang sampai jam 3 sore saya yang siaran di acara Tembang Kenangan Smeamu, program acara lagu-lagu kenangan Indonesia.

Di jam 3 sore sampai jam 5 sore ada acara JJS (Jalan-Jalan Smeamu) sebuah acara lagu Indonesia dan Barat yang diisi oleh karyawan juga, beberapa diantaranya adalah alumni Smeamu juga.

Jam 5 sore sampai jam setengah 7 petang acara Lagu Islam. Jam setengah 7 malam sampai setengah 9 malam adalah acara lagu India dan juga campursari bersama Mas Pram, penyiar Smeamu FM yang lebih senior dari saya dan bahkan penyiar terlama kayaknya di Smeamu FM yang begitu loyal terhadap Smeamu FM. Di beberapa hari juga diselingi Fyan yang siaran di jam tersebut juga.

Nah, jam setengah 9 malam sampai setengah 11 malam adalah acara Nobar (Nongkrong Bareng) yakni acara titip salam dan request lagu Indonesia-Mancanegara yang saya pandu. Ini acara yang ramai waktu itu, di masa tahun 2006 sampai 2008, sebab belum ramai sosial media dan perkembangan gadget seperti sekarang ini.

Saya siaran di acara Nobar kadang bersama Fyan, karyawan juga di Smeamu Fm yang begitu dekat dengan saya, ya meski kadang terjadi perselisihan yang wajar dalam sebuah hubungan pekerjaan. Juga saya sempat siaran bersama Tian, seorang pelajar di STM Muhammadiyah yang juga saya ajak siaran magang di Smeamu Fm.

Saya menjadi karyawan di Smeamu FM selama 2 tahun, dari tahun 2006 hingga tahun 2008. Selama itu pula saya mendapat banyak sekali ilmu dan pengalaman yang luar biasa.

Terima kasih untuk semua Sahabat beserta keluarga Smeamu, termasuk Para Pimpinan khususnya Pak Arif Joko Suryadi selaku Wakasek Kesiswaan Smeamu waktu itu dan Pak Hendri Pimpinan CV Jaya Artana atas kesempatan yang saya dapatkan di SMEAMU FM.

101.7 SMEAMU FM, Your Bright Future Partner...

Ini foto saya sewaktu siaran langsung SMEAMU FM di kegiatan Karnaval di Kota Kepanjen.

Ini foto saya sewaktu siaran di SMEAMU FM

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook