Antena Pemancar Radio FM

Tips ElektronikaAntena berfungsi untuk memancarkan sinyal dan radiasi gelombang radio. Antena umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
1. Omnidirectional (segala arah). Antena ini memancarkan gelombang radio kesegala arah yang sama kuat.2. Bidirectional (dua arah). Antena ini memancarkan gelombang radio yang sama kuat ke hanya dua arah.

Dua parameter yang perlu dipertimbangkan pada antena adalah polarisasi dan penguatannya.
Secara sederhana, antena mempunyai polarisasi vertikal jika antena ditempatkan dalam posisi tegak lurus ke bumi. Antena dengan polarisasi vertikal akan menghasilkan gelombang radio dengan polarisasi vertikal juga. Selain vertikal, ada juga horisontal berpolarisasi antena, antena akan diputar bila lapangan sejajar dengan bumi.



Gambar Antena Omnidirectional

Salah satu faktor penting dalam instalasi system antenna FM adalah ketinggian antena. Dalam band VHF, asalkan komunikasi dapat berlangsung adalah LOS (Line Of Sight). Jadi idealnya komunikasi pada VHF, antena penerima dan pemancar kedua telah melihat satu sama lain. Jadi di antaranya tidak boleh ada benda yang dapat menyerap energi radio.
Oleh sebab itu, sering dinyatakan bahwa amatir radio di band VHF lebih baik memiliki antena gain kecil tapi dipasang pada posisi lebih tinggi, daripada antena dengan gain besar tetapi dipasang rendah.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook