Sabtu, 03 April 2010

Tips Cara Merawat Komputer agar Lebih Awet



Jika Anda memiliki komputer sendiri di rumah atau di tempat kerja Anda, berikut kami coba share Tips Cara Merawat Komputer agar Lebih Awet alias ndak gampang rewel.

  1. Pastikan kipas komputer dalam keadaan fit, bila terdapat kipas yang sudah 'capek' mending segera diganti.
  2. Pastikan listrik yang masuk ke dalam komputer Anda benar-benar normal, tidak naik-turun seperti jalan tanjakan.. ^^ Gunakan saja stavolt untuk menjamin kestabilan listrik di komputer Anda.
  3. Komputer, khususnya bagian PC (sering disebut CPU) tidak suka terhadap goncangan, jadi letakkan pada posisi yang stabil atau pada meja komputer yang kuat.
  4. Jangan install software terlalu banyak, apalagi software berat, agar system komputer Anda tidak mudah hang.
  5. Jangan suka coba-coba install software asing bila tidak tahu karakteristiknya.
  6. Untuk komputer setara Pentium 4 ke bawah, gunakan anti virus Avira update terbaru plus ditambah Smadav versi terbaru pula. Untuk komputer spesifikasi tinggi bisa menggunakan Mcafee dan Smadav. Download di blog ini kategori download.
  7. Jangan gunakan tampilan terlalu berat, seperti asesoris jam, dan lain-lain bila komputer Anda spesifikasi biasa, sebab itu hanya akan menambah beban komputer sehingga mudah panas, dan cepat lelah.
Demikian sedikit tips dari kami. Pada dasarnya komputer itu butuh istirahat yang cukup seperti manusia, dan butuh ventilasi untuk sirkulasi udara yang cukup. Suhu di dalam komputer tidak boleh terlalu panas, juga tidak boleh terlalu dingin.

Komputer juga tidak suka berfikir yang terlalu berat di luar kemampuannya. So, gunakan saja software yang sederhana dan ringan, asalkan kita bisa menggunakan dengan maksimal maka hasilnya pasti maksimal.

Bila memang komputer harus digunakan untuk bekerja menggunakan software berat, berarti spesifikasi komputer juga harus diupgrade agar lebih kuat dalam mengolah software Anda, seperti RAM harus lebih besar, Prosesor harus lebih tinggi. Termasuk penambahan kualitas kipas komputer Anda, khususnya kipas yang menempel pada CPU (Prosesor) Anda, dan juga VGA.

Demikian, semoga bermanfaat. Tips ini sangat cocok untuk komputer dengan spesifikasi standart yang pada umumnya berada di rumah-rumah.

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia dan Komunitas Blogger Indonesia.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.


EmoticonEmoticon