INILAH Tips Sukses Bersahabat dengan Internet

Hmm... Sebagian orang mungkin belum sadar, bahwa internet ternyata bisa menjadi sahabat terbaik kita, atau bisa malah menjadi penghancur hidup kita.

Ya, tentu saja. Internet adalah fasilitas teknologi yang luar biasa. Informasi dan komunikasi saat ini seakan hanya dalam hitungan sepersekian detik saja. Semua menjadi cepat dan mudah dengan internet.

Tentu saja, seperti halnya semua fasilitas canggih, internet bisa dengan mudah kita gunakan untuk apa saja. Ibarat sebuah pisau, bila kita miliki sebuah pisau, apa akan kita gunakan untuk memasak di dapur dan menghidangkannya untuk keluarga, atau hanya untuk berbuat jahat.

Oleh sebab itu, ibarat seorang teman, internet bisa menjadi sahabat terbaik kita untuk menggapai kesuksesan yang hakiki, atau malah internet adalah teman kita berbuat jahat di dunia ini.

Berikut sedikit Tips Sukses Bersahabat dengan Internet :
  1. Ber-kenalan-lah dengan internet dengan niat baik dan tulus, sebagai fasilitas untuk mempermudah kehidupan di dunia ini.
  2. Perlakukan internet dengan baik, mengaksesnya dengan wajar, tanpa menyebarkan virus atau hal-hal yang merugikan fasilitas internet (seperti mencuri bandwidth internet, dll).
  3. Kurangi akses sesuatu yang kurang bermanfaat di internet, misalnya mendownload film porno, membuat atau membaca tulisan/materi tidak baik, dan lain-lain. Persentasi akses sesuatu yang bermanfaat harus jauh lebih besar daripada yang kurang bermanfaat, agar internet terbentuk menjadi teman sekaligus sahabat terbaik kita sepanjang masa.
  4. Rawatlah setiap perangkat Anda untuk berkoneksi dengan internet, seperti komputer, laptop, hand phone, alat yang menghubungkan Anda dengan internet, atau bahkan setiap software yang tertanam didalamnya. Ini akan menciptakan hubungan baik Anda dengan internet semakin harmonis. Sebab, Anda akan terbiasa dengan koneksi internet yang bersahabat dengan Anda, lancar, koneksi tidak terputus-putus, seperti koneksi internet dari Telkom Speedy.
  5. Perdekat hubungan Anda dengan internet, seperti menulis sesuatu tentang diri Anda, curhat, dan menuangkan pemikiran positif Anda di internet. Seperti, membuat blog, facebook, twitter, forum, maupun situs jejaring sosial lainnya di internet. Anda pun bisa menyamarkan identitas Anda ketika mengungkapkan (curhat) tentang sesuatu yang sifatnya sangat pribadi. Namun, seperti menulis di diary, semua akan terasa ringan ketika Anda telah banyak bercerita di internet. Ini juga akan membuat Anda semakin sadar akan manfaat internet.
  6. Ingat ya, meski ternyata sangat bisa menjadi sahabat baik kita, internet hanyalah sebuah robot yang harus kita kendalikan agar tetap menjadi sebatas teman kita. Jangan sampai kita malah dikendalikan oleh internet. Ini yang harus kita sadari, jangan terlalu lama terkoneksi dengan internet. Luangkan waktu Anda juga untuk kehidupan Anda sebenarnya di luar sana. Dunia maya hanya sebatas dunia maya, jangan malah melupakan dunia nyata kita. Istirahat yang cukup, atur waktu Anda, agar internet tidak menjadi mesin yang akan mengatur kita.
Demikianlah Tips Sukses Bersahabat dengan Internet. Semoga bermanfaat...

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

6 komentar:

  1. Hmm... bahwa internet ternyata bisa menjadi sahabat terbaik kita, atau bisa malah menjadi penghancur hidup kita.

    Ya sependapat:)

    BalasHapus
  2. Tulisan yang bagus :). Mari menggunakan internet dengan bijaksana :D

    Salam blogger

    BalasHapus
  3. Hidup ini adalah Sebuah Proses Pembuktian Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT... Setuju banget mas.. Salam kenal dan Jabat Erat dari Bondowoso

    BalasHapus
  4. Nice post! ;) Mhn komentx jg yach thd artikelku berjdl: "Tips Dahsyat Untuk Berinternet Sehat" di http://adhas.blogdetik.com/. Trims sblmx!

    BalasHapus
  5. Terima kasih untuk semuanya... L_F_H, Alex FMK, Arie Iswadi, dan Anonim.. semgoa apa yang sempat sy tulis ini menjadi pengingat untuk sy sendiri dan jg untuk semuanya yg ada...Amiin... Salam SUKSES untuk Kita.... Amiin....

    BalasHapus

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook