Apa sih itu Internet ?

Menurut penjelasan singkat yang pernah saya tulis di blog sy ini, Internet (interconnected-networking) adalah Jaringan Global yang menghubungkan komputer di seluruh dunia.

Jadi, dengan internet, setiap alat canggih dan komputer bisa saling berhubungan dan bertukar informasi satu dengan yang lain.


Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan internet (menurut yang saya ketahui) adalah :
  • Seseorang bisa mengakses website melalui komputer, handphone, laptop, dll.
  • Seseorang bisa juga mendirikan website di internet, termasuk Blog yang merupakan fasilitas website dengan hosting gratis.
  • Seseorang bisa terhubung dengan Jutaan Orang di dunia dalam waktu yang bersamaan melalui Situs Jejaring Sosial seperti Facebook, Twitter, dll.
  • Seseorang bisa berkomunikasi private dengan 1 orang saja, atau lebih melalui berbagai jalur fasilitas, bisa melalui Email, pesan Facebook, chatting, dll, tanpa berfikir diketahui oleh orang lain.
  • Seseorang bisa berkomunikasi massal dengan banyak orang dalam waktu bersamaan, seperti di Yahoo Messenger.
  • Seseorang bisa mengendalikan alat dari jarak jauh, misal saya ingin menghidupkan/mematikan lampu rumah saya yang berada di luar kota, termasuk saya ingin melihat situasi rumah saya melalui CCTV, ini bisa saya koneksikan dengan internet, dengan kode-kode tertentu agar tidak semua orang bisa mengaksesnya.
  • Seseorang Pimpinan bisa mengecek keadaan kantor/perusahaannya, seperti absensi karyawan, keuangan kantor, data penjualan, kinerja karyawan, atau untuk pabrik bisa melihat kinerja mesin-mesin yang berjalan, ini semua bisa dicek dimanapun hanya dengan berbekal Laptop dan Terkoneksi dengan internet. Ini yang mulai dipraktikan oleh para pemilik perusahaan. Mereka bisa dimanapun ngantor, misal di rumah teman, di warung kopi, di jalan, di taman, di pinggir danau, asal terkoneksi dengan internet, maka dia pada jam kerja.. mantap.. ini juga merupakan impian saya...hehe.... ^^
Oke, kurang-lebih demikianlah apa saja yang bisa dilakukan dengan internet. Meski masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan internet, yang belum bisa saya rinci satu per satu.



Yang jelas, internet adalah fasilitas komunikasi dan informasi global (seluruh dunia) tercanggih saat ini, dan bisa dijamah oleh siapa pun dengan mudah. Oleh sebab itu, saya prediksi, setiap alat canggih di masa depan akant terkoneksi dengan internet. Sekarang saja, Handphone juga banyak yang dilengkapi dengan fasilitas internet.

Sepertinya akan semakin banyak orang yang mengenal internet dan menghabiskan waktunya hanya di depan internet. Para perusahaan pun mulai mencari perhatian para pengunjung internet dengan memasang iklan di berbagai website maupun blog yang ada... Inilah juga yang menjadi rejeki saya selama ini, ya.. internet juga merupakan bagian dari media di masa depan.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook