Kabel Jaringan Komputer (Internet) LAN Cross dan Straight

Dalam pengkabelan jaringan komputer pada umumnya ada dua jenis yaitu :
  1. Kabel Straight
  2. Kabel Cross
1. Kabel stright
Kabel straight adalah kabel yang sangat simpel karena untuk konfigurasinya adalah tetap. Kabel ini digunakan untuk jaringan yang melewati hub atau antar komputer dan tidak terhubung langsung tapi melewati sebuah media. Biasanya kabel ini digunakan untuk jaringan lokal dengan hub / router sebagai perantaranya.

Jadi intinya adalah antara pin yang satu dengan ujung yang lain urutan kabel nya sama yaitu : putih orange, orange, putih hijau, biru, biru putih, hijau, putih coklat, coklat.

2. Kabel Cross
Kabel ini berbeda dengan kabel straight biasanya di gunakan untuk jaringan point to point atau hub PC ke PC secara langsung tanpa melewati media lain. Dan antara urutan kabel pada ujung satu dengan ujung yang lain berbeda.


Nah perbedaan terlihat mencolok kan kalau straight urutannya sama, tapi kalau cross berbeda. kalau ujung satu sudah urut seperti cabel staright maka ujung satunya di balik yaitu putih hijau, hijau, orange, biru, biru putih, putih orange, putih coklat, coklat.





Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook