Sabtu, 17 Maret 2012

Cara Membuat Sendiri Dummy Load RF untuk SWR

Membuat Dummy Load sebuah alat Eksperiment Radio Frequency. seorang teknisi tidak bisa lepas dari perlengkapan tersebut. Kalau diistilahkan bisa berarti Beban Tiruan. Alat ini hampir pasti dibutuhkan dan merupakan hal vital bagi yang berkecimpung di dunia RF Power untuk menguji perangkat Transmitter RF Power sebelum dipasang beban yang sesungguhnya yaitu Antena. Karena sifat Sinyal RF yang sangat sensitif apalagi bila bekerja pada VHF ke atas, maka karakteristik Rangkaian Dummy Load yang ideal harus benar-benar dipenuhi. Berikut karakteristik yang harus dipenuhi oleh sebuah Dummy Load RF :

Impedansi (Z) harus sama dengan Impedansi Output Transmitter (umumnya 50-ohm)
Desipasi Daya lebih besar dari Daya Output Transmitter (nominal 2 kali)
Bersifat Resistive Murni
Z = R (bukan Reactive
Z = R + jX atau Z = R – jX)

Tidak meradiasikan Energi RF melainkan Mendesipasikannya menjadi panas
Bandwidth lebar mulai taraf DC hingga beberapa ratus MHz (VHF – UHF)
Toleransi perubahan nilai Impedansi akibat perubahan suhu harus sekecil mungkin

Dummy Load pabrikan dengan berbagai merk banyak dijual dipasaran, namun harganya relatif sangat mahal sehingga sebagian besar Amatir lebih memilih untuk membuat sendiri.

Untuk membuat Dummy Load dan dapat memenuhi persyaratan diatas, dapat digunakan Resistor Karbon sebagai bahan pembuatannya. Berbeda dengan Resistor dari bahan Nikelin, resistor karbon tidak bersifat Reaktif (Induktif maupun Kapasitif). Resistor Nikelin terbuat dari Kawat atau Plat Nikelin yang dililit pada bahan keramik atau dibungkus keramik/bahan gips dan dengan demikian akan bersifat Induktif (+jX) atau Kapasitif (-jX). Hal tersebut akan berpengaruh pada Nilai Akhir (Z = R +/- jX) sehingga Karakteristik sebuah Dummy Load RF tidak lagi terpenuhi karena Nilai Impedansi akan sangat terpengaruh oleh tinggi rendahnya frekuensi. Untuk itulah digunakan Resistor Karbon. Di pasaran cukup banyak tersedia Resistors Carbon namun dengan nilai dan daya yang sangat terbatas. Yang paling banyak adalah 2-Watt.

Hal pertama dalam membuat dummy load adalah menentukan Daya Maksimal dan Impedansi. Sebagai contoh apabila menginginkan Dummy Load 50Ohm/40Watt dengan bahan Resistor Karbon 1k/2-Watt maka diperlukan Resistor sebanyak :

1k/50 = 20 buah resistor









untuk watt yang lebih besar bisa menggunakan jenis RESISTOR FLANGE
100 Ohm 60 dan 250watt yg kita pararel 100ohm x2
berikut ini jenis resistor flange dipasaran

resistor diatas nilainya 100ohm 250watt ..berarti kalau 2x kemampuan dummyload 500watt.


Nilai resistor diatas 100ohm 60watt jadi kalau kita pararel nilainya jadi 50ohm
dan kemampuanya 120watt.....

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia dan Komunitas Blogger Indonesia.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.


EmoticonEmoticon