Membuat Jalur PCB menggunakan Skema hasil Printer Laser

Banyak cara untuk membuat PCB, mulai dari menggambar manual menggunakan spidol permanen untuk menggambar jalur pada PCB polos, metode negatif film, sampai menggunakan teknik sablon. Membuat PCB menggunakan spidol untuk menggambar jalur pada PCB merupakan cara paling sederhana dan praktis dan dapat kita kerjakan sendiri, tetapi metode ini tidak cocok untuk membuat PCB dengan tingkat kerumitan yang tinggi.

Metode negatif film merupakan metode membuat PCB yang bisa menghasilkan PCB yang berkualitas, tetapi metode ini tentu-nya tidak murah dan kita tidak dapat melakukan-nya sendiri. Untuk metode membuat PCB menggunakan teknik sablon adalah metode favorit saya karena bisa menghasilkan PCB berkualitas tanpa mengeluarkan banyak biaya, tetapi sekali lagi metode ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh orang yang bisa dan menguasai teknik sablon.

Maka dari itu saya mencari-cari informasi bagaimana cara membuat PCB yang praktis, berkualitas dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Akhirnya saya menemukan teknik membuat PCB menggunakan printer laser melalui internet. Kemudian saya praktekkan dan saya coba dan hasilnya sangat memuaskan dan sesuai dengan apa yang saya harap-kan.

Sebenarnya metode membuat PCB menggunakan printer laser hampir mirip seperti metode sablon hanya media-nya saja yang berbeda. Untuk memulai bagaimana cara membuat PCB menggunakan printer laser sediakanlah beberapa bahan berikut ini:
  • PCB polos
  • Printer Laser
  • Kertas HVS (direkomendasikan menggunakan glossy photo paper atau kertas majalah atau kertas yang permukaannya glossy)
  • Ferrit Klorit
  • Wadah plastik atau wadah non-logam
  • Setrika
  • Air mendidih
Pertama, siapkan gambar PCB yang akan dicetak (misal dari gambar PCB yang kita buat menggunakan EAGLE) dengan skala 1:1 (ukuran sebenarnya). Cetak menggunakan printer laser pada kertas HVS, direkomendasikan menggunakan glossy photo paper atau kertas majalah (majalah bekas) atau kertas yang memiliki permukaan glossy. Kemudian potong kertas sesuai dengan ukuran PCB yang akan kita buat.



Kedua, hadapkan sisi yang terdapat cetakan gambar PCB dengan sisi PCB polos yang terdapat lapisan tembaga-nya, tempatkan pada permukaan yang rata seperti lantai rumah atau meja


Ketiga, siapkan setrika dan atur tingkat panas pada posisi katun (cotton). Tingkat panas jangan kurang atau terlalu panas karena nanti-nya tinta dari printer laser tidak akan menempel sempurna ke PCB, bahkan jika terlalu panas PCB bisa rusak. Lakukan penekanan yang kuat dan merata pada setiap bagian PCB, gerakan penekanan dilakukan seperti pada saat proses setrika pakaian tetapi dengan tekanan yang lebih kuat dan usahakan satu arah. Lakukan proses ini selama 5 menit hingga semua bagian tinta menempel sempurna pada PCB.


Keempat, hasil dari proses ke-tiga lalu rendam ke dalam air mendidih yang sudah disediakan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kita memisahkan kertas dengan tinta dari printer laser yang menempel pada PCB. Rendam hingga kira-kira 2 menit atau kertas sudah terlihat lunak dan mudah untuk dipisahkan dari tinta.

Kelima, perlahan-lahan pisahkan kertas yang telah lunak hingga hanya terdapat bagian tinta menempel pada PCB saja. Jaga agar kertas tetap basah dan lunak hal ini akan mempermudah pekerjaan kita. Pada tutorial ini saya mempergunakan kertas HVS, sehingga akan ada serat kertas yang sulit dipisahkan dari tinta. Oleh karena itu mengapa di rekomendasikan menggunakan kertas yang memiliki permukaan glossy adalah untuk mempermudah proses pemisahan ini.


Keenam, Siapkan wadah plastik atau wadah yang terbuat dari bahan non-logam seperti keramik atau melamin, jika kita menggunakan bahan logam maka bahan logam pada wadah akan ikut terlarut dalam larutan FeCl. Masukan FeCl kedalam wadah kira-kira sebanyak 2 - 3 sendok makan kemudian seduh dengan air panas (jangan terlalu banyak).


Ketujuh, masukan PCB yang telah memiliki cetakan jalur PCB ke dalam larutan FeCl. Coba Anda perhatikan PCB-nya, disana masih tersisa serat kertas yang menempel pada tinta. Oleh karena itu saya menggunakan takaran yang cukup banyak untuk mengatasi hal tersebut.


Kedelapan, goyang wadah perlahan hingga lapisan tembaga pada PCB yang tidak tertutup oleh tinta larut oleh larutan FeCl. Lakukan proses ini di bawah sinar matahari untuk mempercepat proses pelarutan. Biasanya proses pelarutan akan berkisar antara 3 sampai 5 menit.


Kesembilan, jika kira-kira semua lapisan tembaga yang tidak tertutup tinta sudah menghilang semua, bersihkan PCB dengan air bersih dan keringkan kemudian kita akan menuju proses berikutnya.


Kesepuluh, adalah proses membuat lubang pada PCB menggunakan bor listrik untuk penempatan kaki-kaki komponen elektronika. Gunakan pengaturan putaran dengan RPM rendah pada bor agar mempermudah proses pemboran.


Kesebelas, adalah proses finishing dimana tinta yang masih menempel pada jalur PCB dihilangkan agar mempermudah kita pada saat proses soldering nanti-nya. Selain itu saya menambahkan cetakan silkscreen yang menggambarkan posisi komponen pada bagian atas PCB (walaupun tidak terlalu sempurna) dengan menggunakan teknik yang sama seperti pada proses pertama hingga proses kelima. Dengan begini PCB berkualitas buatan rumah pun selesai dibuat.


Ini merupakan contoh lain dari PCB yang saya buat menggunakan metode yang sama


Catatan: metode ini hanya bisa dilakukan menggunakan printer laser dan tidak akan bekerja bila menggunakan printer inkjet, printer DeskJet, atau dot matrix.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

1 komentar:

  1. Tanya: knapa tidak pakai kertas transper PCB khusus dijamin jalur yang haluspun tidak akan putus. Dan gak perlu pake strika yang bikin PCB melengkung. Kalo mas butuh info kertas transfer PCB boleh hubungi 087770744170 Gelar

    BalasHapus

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook