Rey Arifin

Seorang Penyiar Radio, Kameramen, Editor Audio & Video, Guru Kursus Komputer.
Melayani : Bimbingan Kursus Online dan Offline, Rekayasa Foto, Pembuatan Blog, dll.
Mari berkenalan dengan saya di social media ini :

Loading...

Cara Menyambung Video format 3GP menjadi MPG



Beberapa waktu yang lalu, saya dapat job di RIZALmedia dari seorang Siswa SMANGGI (SMA Negeri 1 Gondanglegi). Beliau mendapat tugas dari gurunya dalam pelajaran Bahasa Inggris untuk membuat sebuah Video reportase berbahasa inggris untuk nanti ditunjukkan ke teman-temannya melalui layar LCD di lab bahasa.

Ketika itu, Siswi ini meminta tolong kepada saya untuk menyambung 4 buah file video 3GP untuk digabung menjadi satu. Lantas saya pun menyampaikan, waduh berarti ini harus melalui beberapa tahap mbak, ndak bisa langsung digabung, artinya harus diconvert terlebih dahulu.

Ya, akhirnya video sempat saya kerjakan dan pada hasilnya saya tambah logo SCTV biar terlihat lebih keren.. hehehe.... Ya, karena liputannya seolah-olah dari SCTV jadi saya cari aja logo SCTV untuk dipasang.

Nih hasilnya yang sudah saya upload di Youtube :



Berikut urutan Cara membuat Video ini :

Cara Menyambung Video format 3GP menjadi MPG

1. Convert terlebih dahulu semua file 3GP menjadi AVI melalui software Any Video Converter.
2. Hasil file AVI masukkan ke dalam software Adobe Audition untuk diambil file suaranya, simpan dalam format MP3.
3. Hasil file AVI masukkan ke dalam software Ulead Video Studio pada track Video, tahap ini fungsinya untuk menggabung banyak video menjadi satu, artinya bila sebelumnya ada 4 file video maka disinilah proses menjadikan satu.
4. Karena file 3GP dari HP biasanya memiliki fps yang rendah, maka ubah speed video menjadi lebih lambat sampai durasi sama dengan durasi asli pada 3GP.
5. Semua video harus dimode mute (senyap). Masukkan file MP3 ke dalam track Audio, dan samakan bunyi audio dengan pergerakan video.
6. Tambahkan logo TV yang sudah kita edit dalam format PSD transparant pada track Overlay.
7. Tambahkan Teks bila diperlukan.
8. Selesai deh... Tinggal kita save dalam format MPG. Klik Share, Create Video File, pilih format PAL VCD.

Hasil file ini bisa kita putar di komputer menggunakan Windows Media Player atau Media Player Classic, atau bisa juga diburning dalam bentuk VCD lalu bisa kita putar di DVD/VCD Player kita. Siipp... Selamat belajar....

Kedepan akan coba saya jelaskan lebih detail bila belum jelas... Dan akan saya sediakan softwarenya untuk di download untuk niatan belajar bersama... Siip... Terus kunjungi blog saya ya... www.reyarifin.com... Smoga SUKSES untuk Kita Bersama... Amiin....

Bagikan Artikel ini :

TentangSaya

Rey Arifin, Seorang Penyiar Radio, Kameramen, Editor Audio & Video, Guru Kursus Komputer. Lahir 15 September 1986, tinggal di Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Mari berkenalan dengan saya di facebook saya klik : Rey Arifin

TINGGALKAN KOMENTAR

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar