Skema Rangkaian Audio Limiter Sederhana untuk Broadcast FM

Pernah dengar kualitas suara penyiar radio yang terdengar di radio kita kalau pas dia menjauh dari mic, maka suaranya akan otomatis membesar sendiri, lalu kalau suaranya terlalu keras maka akan terdengar tetap dengan batasan volume yang diinginkan ? Nah, berarti si teknisi audio di studio radio tersebut pasti menggunakan sistem audio limiter pada output dari mixer menuju ke pemancarnya.

Audio Limiter ini juga berfungsi ketika terputar lagu dengan kualitas suara yang terlalu kecil maka akan dibesarkan, lalu bila terlalu besar maka akan dilimit (dibatasi) sesuai batas normal volume yang diinginkan saja.

Ada banyak Audio Limiter berkelas yang harganya mahal, namun kali ini Anda bisa belajar membuat Audio Limiter sendiri menggunakan IC NE 5532. Okey.. selamat berkarya... ini bisa juga digunakan di perangkat audio Anda di rumah lho.. sekalian belajar bagaimana kinerja Limiter sebenarnya.

Silahkan buat rangkaian PCBnya dari Skema Rangkaian Audio Limiter Sederhana untuk Broadcast FM berikut ini :

Stereo Broadcast Limiter Circuit for Ramsey FM10A and FM25A transmitter Rev 1.0 (C) 1990 G. Forrest Cook

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook