Ketik artikel yang Anda cari di bawah ini...
Baca juga berita terbaru dari KepanjenFm.com
Loading...
Home » » Skema Rangkaian Pemancar FM 88 - 108 MHz menggunakan Transistor C1971

Skema Rangkaian Pemancar FM 88 - 108 MHz menggunakan Transistor C1971

Sabtu, 28 April 2012 , Posted by Rey Arifin at 23.50

Transmitter FM ini dapat bekerja dari range 88MHz sampai 108MHz. Rangkaian transmitter ini menggunakan final transmitter transistor 2SC1971.

Sinyal RF yang telah dimodulasi dalam rangkaian transmitter ini dikuatkan dalam 3 tingkat yaitu dimulai dikuatkan pertama kali oleh penguat transistor 2SC2053 kemudian dikuatkan lagi oleh penguat 1 transistor 2SC1970 dan terakhir dikuatkan dengan penguat 1 transistor 2SC1971.

Rangkaian trnsmitter FM ini dapat langsung diberikan sinyal input berupa sinyal audio. Rangkaian transmitter ini bekerja dengan sumber tegangan 12VDC untuk bagian trnsmitternya dan 9VDC untuk bgin oscilator dan mixernya. Rangkaian transmitter dalam artikel ini merupakan transmitter FM mono dan sering digunakan oleh hobiest dan amatir radio.

Rangkaian detil dari transmitter ini dapat dilihat pada gabar berikut :

Rangkaian Transmitter FM 88 – 108MHz




Frekuensi kerja transmitter ini dapat diatur menggunakan potensimeter 5K dari 88MH – 108MHz. Rangkaian oscilator yang diterapkan pada transmitter ini menggunakan sistem VCO (Voltage Control Oscilator) yang disusun dengan dioda varaktor. Rangkaian transmitter ini telah lengkap dengan gambar rangkaian power supplynya ehingga dapat dipahami dengn mudah.

=================================================================

Anda ingin belajar lebih serius mengenai Komputer, Internet, Desain Grafis, Multimedia, Broadcasting, Jurnalis, Elektronika ? Segera ikuti program kursus di RIZALmedia Kursus bersama saya, Rey Arifin. Lebih cepat bisa. Pembelajaran bisa Online bisa Offline langsung datang ke tempat. Hubungi saya di : 0857 555 363 82

=================================================================

Facebook Profile saya:


Facebook Fanpage saya:

Baca juga Artikel yang lain :



Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar