Cara Kerja Pesawat Terbang Solar Cells 'Solar Impulse'

Anda mungkin penasaran, bagaimana bisa pesawat bisa terbang tanpa menggunakan BBM, tapi hanya dengan menggunakan tenaga cahaya matahari saja. Ternyata itu bisa. Inilah Pesawat Terbang "Solar Impulse" yang menggunakan Alat Elektronika bernama Solar Cells untuk mengubah (meng-konversi) dari cahaya matahari menjadi sumber listrik.

Saat ini, Pesawat Terbang "Solar Impulse" telah melakukan penerbangan uji coba berkeliling dunia yang rencananya akan terbang siang dan malam. Lalu bagaimana bila cuaca mendung atau sudah tiba malam hari, tenang saja ternyata pesawat ini memiliki batrey untuk menyimpan energi listrik yang ada.

Yuk mari kita simak Cara Kerja Pesawat Terbang Solar Cells "Solar Impulse" yang telah saya ambil dari berbagai sumber, (kalau dicopas masukkan link sumber web saya ya.. www.reyarifin.com trims...) :

Inilah teknologi terbaru dari mesin Pesawat Terbang. Seperti yang telah dilansir oleh InfoKepanjen.com dengan artikel yang berjudul Pesawat Tenaga Surya Terbesar Terbang Melintasi Benua, kali ini saya coba memposting beberapa foto dari pesawat terbang yang bernama Solar Impulse ini :

Foto-foto ini bersumber dari media Reuters. Coba kita saksikan begitu luar biasanya Pesawat Terbang dengan tenaga surya ini.

Hanya dengan mengandalkan sinar matahari, pesawat sudah bisa terbang tanpa BBM. Wow...



Berikut hal-hal yang mungkin perlu Anda ketahui mengenai Pesawat Terbang "Solar Impulse" Tenaga Surya (Solar Cells) ini :
  • Solar Cells adalah alat elektronika yang mengeluarkan tenaga listrik dari adanya sumber cahaya (sinar matahari). Prinsipnya di dalam Solar Cells terdapat sel-sel silikon yang ketika terkena sinar matahari, membuat photon bergerak menuju electron dan menghasilkan arus dan tegangan listrik. 
  • Sebuah Sel Silikon di dalam Solar Cells menghasilkan kurang lebih tegangan 0.5 Volt. Jadi sebuah panel surya 12 Volt terdiri dari kurang lebih 36 sel surya (untuk menghasilkan 17 Volt tegangan maksimun).
  • Salah satu jenis Solar Cells yang sering kita temui adalah yang terletak di Kalkulator yang menggunakan Solar Cells untuk menambah energi listrik agar battrey utama lebih awet. 
  • Pesawat Terbang 'Solar Impulse' bermesin elektrik yang dipasok energi oleh kurang lebih 12.000 solar cell mono crystalline di sepanjang sayap pesawat. 
  • Listrik yang dihasilkan solar cells di pesawat ini digunakan untuk mengisi baterai lithium polimer seberat kurang lebih 400 kg.
  • Dengan menggunakan solar cells seluas 1 meter persegi, mampu menghasilkan 1000 Watts pada kondisi langit cerah. ( Dalam 24 jam, rata-rata daya listrik yang dihasilkan adalah 250Watt/m2)
  • Pada sayap Pesawat Terbang 'Solar Impulse', dari solar cells seluas 200 m2 menghasilkan tenaga sebesar 6 Kilo Watt, dan pencapaian efisiensi untuk baling-baling digunakan sebesar 12% saja.
  • Sisa Energi disimpan di dalam Battrey dengan harapan Pesawat bisa terbang siang dan malam, asal kondisi langit cerah pada siang hari.
  • Terdapat proses konversi tenaga pada pesawat ini yakni : cahaya matahari > surya solar cells > listrik > baterai > listrik > motor mesin termasuk motor baling-baling.
  • Pesawat Terbang 'Solar Impulse' berpilot 1 orang, panjang 21 meter, lebar sayap 63 meter, dan tinggi 6 meter. 
  • Pesawat Terbang 'Solar Impulse' memiliki 4 motor baling-baling. 
  • Pesawat Terbang 'Solar Impulse'  pertama HB-SIA berhasil menjalani uji terbang yang pertama di Swiss, Rabu, 7 April 2010, dengan kecepatan 45 kilometer per jam, terbang pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan mendarat setelah mengudara selama 87 menit.
  • Bertrand Piccard, pencetus ide pesawat terbang bertenaga surya, adalah juga orang pertama yang terbang mengelilingi dunia dengan balon udara non-stop. 
  • Pesawat Terbang 'Solar Impulse'  akan melakukan Penerbangan Berkeliling Dunia pada tahun 2012 ini, telah lepas landas pada tanggal 24 Mei 2012 untuk penerbangan antar benua pertama dari Payerne, Swiss, ke Rabat. Rencananya pesawat ini akan transit di Madrid, Spanyol untuk pengecekan teknis dan pergantian pilot, dan melakukan perjalanan selanjutnya. 
Selamat dan Sukses ya... untuk Para Ilmuwan yang mengembangkan teknologi luar biasa ini... Semoga INDONESIA Segera Menyusul... Amiin.....

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook