Teknologi Baru > Sensor OTAK untuk Kendali Robot (robot bergerak dari apa yang kita fikirkan)

SubhanaLLah... kecanggihan Teknologi sekarang semakin menjadi-jadi. ALLAH Yang Maha Kuasa benar-benar telah mengijinkan kita untuk semakin pintar dalam menciptakan sesuatu. Semoga kita tetap rendah hati ya...

Sebuah proyek penelitian teknologi robot yang bernama "Virtual Embodiment and Robotic Re-embodiment (VERE)" telah berhasil menciptakan sebuah sensor yang dinamakan Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI).

VERE merupakan konsorsium para ilmuwan dari Italia, Spanyol, Jerman, Austria, Prancis, Swiss, Inggris, Portuga, dan Israel.

FMRI adalah sebuah sensor untuk pemindai otak kita untuk mengendalikan sebuah mesin/robot.

Jadi begini, dengan teknologi ini sekarang manusia bisa mengendalikan sebuah alat mesin (katakanlah robot) dari apa yang difikirkan oleh manusia tersebut (seperti telepati). Lho kok bisa ? iya, para peneliti/ilmuwan telah mempelajari bahwa ketika kita berfikir ada sejumlah aliran darah yang mengalir baik naik ke otak maupun turun dari otak dengan aliran darah yang berbeda-beda. Nah, aliran darah inilah yang diterjemahkan oleh sensor tersebut untuk bisa melihat apa yang difikirkan oleh seorang manusia. Hihihihi... para peramal bakal ada saingan nehh... hehehe... pisss....

Tirosh Shapira, beliau adalah seorang mahasiswa dari Bar-Ilan University di Israel, yang juga merupakan tim peneliti dari VERE telah berhasil menjalankan teknologi ini.

Ketika itu, Tirosh Shapira telah berhasil menggerakkan sebuah robot yang berada di luar negeri atas perintah dari apa yang difikirkannya.

Tirosh menggerakkan sebuah robot seukuran manusia yang berada di Béziers Technology Institute, Perancis, padahal Tirosh sedang berada di Israel, dan tanpa memegang remot apapun.

Tirosh hanya memakai helm pemindai yang bernama FMRI -> kemudian sensor tersebut membaca apa yang difikirkan Tirosh -> lalu kemudian sensor berhubungan dengan komputer -> komputer mengirimkan data perintah melalui internet -> data perintah dari internet diterima di Perancis -> dan akhirnya robot bisa bergerak dari perintah komputer yang terprogram dari robot tersebut yang telah terkoneksi dengan internet tentunya. Hm,, luar biasa....

Software yang digunakan dalam penelitian ini dibuat oleh Advanced Virtuality Lab. Semoga teknologi ini ketika dikembangkan lantas tidak membuat kita menjadi lupa diri... Amiin...... InsyaALLAH.... Yuk mari Generasi Muda INDONESIA buktikan bahwa kita juga tidak kalah dengan Bapak Tirosh dari Israel. Semoga Pemerintah betul-betul mendukung mencerdaskan Generasi Muda kita agar INDONESIA tidak hanya selalu mengimpor segalanya. InsyaALLAH....

website resmi pengembang VERE :http://www.vereproject.eu

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

2 komentar:

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook