Rey Arifin

Seorang Penyiar Radio, Kameramen, Editor Audio & Video, Guru Kursus Komputer.
Melayani : Bimbingan Kursus Online dan Offline, Rekayasa Foto, Pembuatan Blog, dll.
Mari berkenalan dengan saya di social media ini :

Loading...

Pengertian Jurnalis

Jurnalis atau wartawan adalah seseorang yang bekerja dalam bidang jurnalisme atau peliputan sebuah objek artikel tertentu, misalnya sebuah berita / kejadian, sebuah tempat, sebuah kondisi alam / lingkungan, profil seseorang, tanggapan seseorang, atau pembahasan-pembahasan yang lain.

Hasil liputan oleh seorang jurnalis ini nantinya akan dipublish (disampaikan ke masyarakat luas) melalui media massa yang bersangkutan, baik media massa elektronik, maupun media massa cetak.

Media massa elektronik contohnya : televisi, radio, internet, dll.
Media massa cetak contohnya : koran, majalah, tabloid, dll.

Meski dalam aturannya, seorang jurnalis harus berusaha menyampaikan liputannya yang paling objektif yakni netral tanpa berpihak agar masyarkat sendiri yang menilai, namun pada kenyataannya sangat banyak media baik lokal maupun nasional yang dalam penyampaiannya masih menguntungkan atau merugikan pihak-pihak tertentu.

Dalam hal ini kita harus memahami bahwa hidup adalah saling mempengaruhi dan dipengaruhi. Pemberitaan di media massa diakui atau tidak akan membawa pola berfikir masyarakat untuk setuju dengan pemberitaan tersebut dan terpengaruh dari apa yang disampaikan oleh perusahaan media.

Beda media, beda jurnalis/wartawan, beda juga karakternya. Ada media dengan jurnalis yang sangat kritis dan terbuka, ada juga media dengan jurnalis yang sangat berhati-hati dalam penyampaian liputannya, semua tergantung konsep apa yang diusung oleh perusahaan media tersebut.

Beberapa posisi dalam dunia jurnalis :

  • Writer : Bertugas menulis liputan (merekam secara audio sebelum kemudian ditulis ulang)
  • Fotografer : Bertugas memfoto liputan
  • Kameramen : Bertugas merekam video liputan
  • Reporter : Bertugas menyampaikan isi liputan secara live atau tidak, bisa dalam bentuk gambar dan suara di depan kamera video, bisa juga dalam bentuk suara saja di depan alat perekam suara atau alat live suara.
  • Editor : Bertugas mengedit hasil liputan wartawan sesuai dengan konsep pemberitaan sebuah perusahaan media.
  • Desainer Grafis : Bertugas mengatur atau membuat desain grafis, seperti sampul majalah, lay out / desain setiap halaman, membuat ilustrasi, dll.
Dalam istilah wartawan adalah mereka yang secara langsung 'terjun ke lapangan' untuk ikut meliput seperti Writer, Fotografer, Kameramen, dan juga Reporter.

Untuk Editor dan Desainer Grafis masuk dalam lingkup Redaksi, yakni yang bertugas dalam tahap akhir sebelum kemudian dicetak atau dipublish melalui media massa elektronik.

Bagikan Artikel ini :

TentangSaya

Rey Arifin, Seorang Penyiar Radio, Kameramen, Editor Audio & Video, Guru Kursus Komputer. Lahir 15 September 1986, tinggal di Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Mari berkenalan dengan saya di facebook saya klik : Rey Arifin

TINGGALKAN KOMENTAR

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar