Rey Arifin

Seorang Penyiar Radio, Kameramen, Editor Audio & Video, Guru Kursus Komputer.
Melayani : Bimbingan Kursus Online dan Offline, Rekayasa Foto, Pembuatan Blog, dll.
Mari berkenalan dengan saya di social media ini :

Loading...

Cara Memisahkan Warna CYMK di Adobe Photoshop untuk Sablon


Ditengah era digital seperti sekarang sablon manual semakin tersisih oleh sablon digital, namun sablon manual tidak akan mati karena mempunyai kelebihan dari pada sablon digital. Salah satunya adalah sablon kaos, walau tidak sebagus hasil sablon digital namun keawetan warna, ketahanan waktu di cuci dan kena sinar matahari warnanya tidak cepat pudar.

Kali ini kita membahas mengenai cara menyablon foto dikaos untuk itu diperlukan teknik sablon separasi. Teknik sablon separasi adalah teknik penggabungan warna-warna proses (Prosess Color), yaitu Cyan (C)Magenta (M)Yellow (Y), dan Black (K) sehingga biasa disebut dengan warna CMYK, dari perpaduan (kombinasi/percampuran) keempat warna tersebutlah dapat dihasilkan berbagai macam warna yang menyusun suatu gambar yang utuh (full color).

Jadi untuk satu gambar dibagi menjadi 4 buah film sablon yaitu warna CMYK, adapun teknik memisah warna pada gambar menggunakan Photoshop, langkah-langkahnya sebagai berikut :
Langkah 1
Buka file yang ingin dicetak di Photoshop  

Langkah 2
Ubah sistem warna file ke CMYK. Klik menu Image > Mode > CMYK
Color

 

Langkah 3
 
Perhatikan tab Layers sebelah kanan klik tab Channels, mode-nya sudah berubah menjadi CMYK.  Pisahkan channel, klik tanda panah kecil di pojok kanan atas tab
Channels tersebut lalu pilih Split channels.


Langkah 4
 Maka sekarang file anda akan terpisah masing-masing channel-nya yaitu Cyan,
MagentaYellow dan Black.
 

Langkah 5
Buat raster atau titik-titik dari tiap channel yang telah dipisahkan. Contoh channel yang pertama atau Cyan. Klik Menu Image > Mode > Bitmap
 

Langkah 6
Akan muncul box setting untuk parameter Bitmap. Pada kotak
Output Resolution 
isi 300 dan pada Method Use pilih Halftone Screen  dan klik OK
 

Langkah 7
Lalu akan muncul box parameter Halftone Screen
Isi Frequency = 70,  Angle = 100 dan Shape = Ellipse
Untuk Angle tiap-tiap channel berbeda-beda yaitu :
C=100M=15Y=0K=45. Hasilnya akan seperti ini.


  
Bisa dilihat sekarang file foto channel Cyan sudah terbentuk dot rasternya (titik-titik). Lakukan langkah 5-7 pada semua channel dan perhatikan nilai Angle tiap warna channel. 
   
Sekarang tinggal print dikalkir dan film siap untuk di afdruk, bagi yang belum bisa afdruk film sablon silakan baca caranya di sini!. Berikut contoh hasil menggunakan separasi raster untuk sablon kaos manual :
   Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan Artikel ini :

TentangSaya

Rey Arifin, Seorang Penyiar Radio, Kameramen, Editor Audio & Video, Guru Kursus Komputer. Lahir 15 September 1986, tinggal di Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Mari berkenalan dengan saya di facebook saya klik : Rey Arifin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar: