Cara Melaporkan Artikel Copas Ke Google DMCA

Saya menuliskan ini karena setelah saya mempublish artikel DMCA Solusi Terampuh Mengatasi Copy Paste Terlarang ada blogger yang bertanya Bagaimana Cara Melaporkan Blog Copy Paste Ke DMCA. Maka langsung saja saya akan membahasnya di kesempatan kali ini, mumpung sempat dan sudah saya persiapkan gambarnya.

Sebelum melapor PASTIKAN anda telah memperingatkan pengunjung anda agar tidak melakukan copy paste artikel, sehingga mereka benar benar tahu dan tidak ada alasan lagi jika tindakan akhir ini ternyata harus dilakukan juga.

Jika mampu, maka mintalah dengan baik baik kepada pelaku copy paste untuk menghapus artikel itu, tapi jika tidak mampu karena terlalu banyak pelaku copas yang mencapai puluhan orang belum lagi yang di copas itu ada dua puluh artikel sehingga harus melaporkan minimalnya 200 blog, maka sepertinya akan sangat melelahkan mencari dan menghubungi mereka satu persatu. Itupun jika mereka mau menghapusnya, karena bisa jadi anda yang malah akan dihina-hina.

Jadi jika kondisinya semacam itu, maka sekarang mau tidak mau langkah ini harus di tempuh dan sebelum memulai nya anda tentu sudah memiliki daftar nama blog copas itu sehingga sekarang kita langsung membahas tentang

Cara Melaporkan Artikel Copas Ke Google DMCA

1. Silahkan buka link ini : https://support.google.com/legal/contact/lr_dmca?product=blogger

2. Isi data data anda

Nama: Isi dengan nama yang anda gunakan untuk blog tersebut. Misal: Abu Kholid
Nama Perusahaan: Masukkan nama blog anda. Misal: Kumpulan Artikel yang Bermanfaat
Nama lengkap sah pemegang hak cipta...: Isi dengan nama anda tadi. Misal: Abu Kholid Bali
Alamat email kontak: Isi dengan alamat email yang anda GUNAKAN UNTUK BLOG TERSEBUT
Negara domisili: Indonesia

3. Pada kotak Di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut? Silahkan isi dengan url blog anda yang sudah di copy paste.

Misal: http://www.kepanjenfm.com/2014/03/tahun-2050-beberapa-daerah-di-jakarta.html

Hal ini akan digunakan oleh tim Google untuk memverifikasi bahwa karya tersebut muncul di laman yang Anda minta untuk dihapus.

4. Pada kotak: Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta Silahkan isi dengan judul artikel, waktu publikasi artikel tersebut, dan sertakan nukilan konten yang telah digunakan tanpa seizin Anda. (Kalau saya pribadi biasanya cukup mencantumkan waktu publikasi)

Misal: http://artikel2populer.blogspot.com/2014/03/karena-tersenyum-ibu-ini-sembuh-dari.html di publikasikan tanggal 24 Maret 2014.

Tapi supaya lebih kuat dan lebih cepat penanganannya, maka diisi juga judulnya.

5. Pada kotak Lokasi materi yang diduga melanggar Silahkan masukkan URL ARTIKEL pelaku copas itu. Lalu klik link Tambahkan bidang isian tambahan untuk menambahkan url berikutnya, jika yang meng copy paste artikel anda lebih dari satu blog.


6. Centang 2 kotak kecil Pernyataan Tersumpah

7. Isi nama anda kembali pada kotak Tanda Tangan

8. Silahkan klik tombol KIRIM yang ada pada bagian paling bawah

Sampai disini semua langkah telah selesai dan anda akan langsung mendapatkan email pemberitahuan dari google bahwa, laporan anda akan segera di proses. Dan tunggu jawabannya sekitar lima atau enam hari
Demikian cara melaporkan artikel yang di copas ke google DMCA

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook