Tutorial Cara Remastering Windows XP

Saya akan menjelaskan tutorial remastering Windows XP, remastering ini bertujuan untuk memodifikasi Windows XP asli menjadi sebuah Windows XP versi kita sendiri yang dapat dijadikan ISO sehingga pengguna lain dapat menginstall Windows XP yang sudah dipermak sebelumnya...

Sebelum memulai, sebaiknya kita sediakan tools terlebih dahulu:

Tools :
1. CD Master Windows XP (terserah mau yang mana)
2. Resource Hacker (untuk mengedit file .exe .dll & sejenis nya lah)
3. nLite (download klik di sini)
4. WINTBBU
5. notepad bawa'an windows (hehehe)
6. dari folder I386
- LOGONUI.EX_ (mengganti gambar Log On pada windows xD)
- WINNTBBU.DLL (mengganti text dan gambar waktu instalasi)
7. Windows Unantented CD Creator (WUCD)

Langsung saja cara nya..

1. Memodifikasi Screen pada saat installer berlangsung,sebelumnya ada beberapa yang anda perlu siapkan yaitu copykan cd Xp2 ke drive D atau dimana tempat yang anda ingin kan untuk menyimpan copyan cd tadisetelah itu buka aplikasi WINTBBU akan muncul tampilan seperti di bawah ini



Anda dapat mulai berkreasi dengan terlebih dahulu dengan membuka file WINNTBBU.DLL, yang berada di folder i386 pada copyan installer yang telah anda copykan ke hardisk tadi.. Lalu klik Edit, (disini saya akan biarkan anda rekreasi sendiri xD)
- Font = Mengganti Tulisan
- Color = Mengganti Warna
- Pictures = Mengganti Gambar

Bila sudah selesai simpan langsung, lalu copy kan ke folder I386 windowsnya


------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau saya edit gambar nya pakai Resource Hacker (hehehe, sama aja).. Klo mau pakai Resource Hacker, Ganti gambar :
- Open Resource Hacker : Open WINNTBBU.DLL .. Lalu klik Bitmap, Folder 103 lalu klik lagi yang 103.. Lalu Klik Action, Replace Bitmap, pilih gambar yang anda inginkan..(GAMBAR HARUS BERFORMAT .bmp)..
- Selesai? Bila sudah selesai simpan langsung, lalu copy kan ke folder I386 windowsnya (replace aja)

Hasil nya Saya (hehhe) :



Lalu ganti Log On Screen
- LOGONUI.EX_ = cara nya, copas file LOGONUI.EX_ dri folder I386 ke folder lain.. Lalu tulis tulisan ini di notepad = expand LOGONUI.EX_ LOGONUI.DLL .lalu save di folder yang sama, FORMAT FILE PILIH SAVE ALL FILES, lalu NAME DITULIS : ubah.bat ... Lalu muncul file baru bernama LOGONUI.DLL.., buka lewat Resource Hacker. Pilih Bitmap -> 100 -> 1033 -> Action -> Replace Bitmap -> Pilih Gambar (format .bmp/bitmap) -> Selesai? simpan langsung. Lalu kita kembalikan ke FILE .EX_ seperti semula. Caranya tulis aja gini : makecab LOGONUI.DLL LOGONUI.EX_ .Bila sudah selesai pasti keluar file baru nama nya LOGONUI.EX_, lalu copy kan ke folder I386 windowsnya (replace aja ^_^ )

3. Modifikasi Default Wallpaper

umumnya pengguna windows xp , selalu menjumpai gambar bliss ini sebagai default walpaper yang digunakan pada saat pertama kali sistem operasi digunakan oleh user ,

1. cari gambar berformat JPG ...
2. buka notepad tulis ini : makecab BLISS.JPG BLISS_JP
3. save as pilih ALL TYPE lalu name nya : ubah.bat
4. double click format cmd yang muncul..
5. bila benar file baru muncul, bila salah pasti anda yang salah tulis.. hihihi ^_^
6. copas ke folder i386 nya


4. Next Step Menggunakan NLite

1. Klik Lanjut
2. Klik Button “Browse” untuk menentukan lokasi dimana master windows yang akan kita remaster-kan.
3. Setelah itu akan terlihat apa nama produk, versi, bahasa dan ukuran dari windows yang akan kita remaster-kan. Setelah itu klik button “Lanjut”



4. Setelah itu akan keluar tampilan Preset, yang berfungsi menggunakan settingan remastering sebelumnya. Pada simulasi kali ini, saya asumsikan kita belum pernah melakukan proses remastering sebelumnya, jadi tidak ada settingan yang tersimpan. Sehingga jika muncul tampilan seperti di bawah ini, langsung aja klik Button “Lanjut”



5. Setelah itu akan keluar tampilan seperti di bawah ini, yaitu opsi apakah ingin melakukan integrasi, menghapus komponen, mengatur konfigurasi setup, dan opsi membuat bootable ISO. Pada simulasi kali ini, saya memilih semua opsi, KECUALI integrasi. Karena fokus kita kali ini adalah bukan menambahkan/menyisipkan, melainkan melakukan penghapusan komponen dan melakukan konfigurasi. Setelah opsi dipilih, klik button “Lanjut”



6. Akan keluar tampilan seperti di bawah ini, untuk tampilan window kompatibilitas, kita bisa mengabaikannya dengan mengklik tombol “Batal” pada window kompatibilitas. Adapun maksud dari window kompatibilitas ini bisa kita lihat dari capture gambar di bawah ini.



7. Selanjutnya kita akan dihadapkan dengan window seperti di bawah ini. Window ini berisi komponen-komponen yang akan kita buang. Dengan men-Checklist opsi yang ada, berarti kita akan men-drop komponen-komponen tersebut. Penting untuk diingat, bahwa penjelasan dari masing-masing komponen ada tertera di kolom paling kanan ketika kursor kita berada pada opsi yang kita pilih danKOMPONEN YG AKAN KITA BUANG RELATIF ANTAR TIAP ORANG, TERGANTUNG DENGAN KEBUTUHAN MASING-MASING. Sebagai Contoh saya akan men-drop wordpad pada opsi Aplikasi. Karena menurut saya fungsi wordpad sudah bisa digantikan dengan notepad, ditambah lagi saya memang berniat menginstall Office nantinya, sehingga wordpad saya rasa tidak perlu. Kalo Anda ingin mengikuti langkah2 saya dalam men-drop komponen-komponen apa saja, yah silahkan…

Berikut ini komponen-komponen yang saya hapus (ditandai dengan opsi yang di- checklist) :
Untuk Opsi Aplikasi :





Untuk Opsi Bahasa (untuk opsi bahasa ini saya men-checklist semuanya):
.8 Selesai sudah tahap pembuangan/penghapusan komponen. Klik Tombol Lanjut.Kita akan dihadapkan dengan opsi Unattended, yang baerarti di sini kita bisa menanamkan serial number, dan konfigurasi-konfigrasi lainnya(seperti user, networking, timezone, Desktop, dan lain-lain) sehingga windows hasil remastering ini nantinya tidak meminta serial number dan konfigurasi-konfigurasi lainnya ketika diinstall, karena semuanya sudah kita embedded-kan.



9. Setelah melakukan konfigurasi unattended sesuai dengan keinginan kita, lalu klik button “Lanjut” sehingga akan keluar tampilan seperti di bawah ini. Lakukanlah pemilihan opsi dan settingan sesuai dengan kebutuhan Anda. . Klik button “Lanjut” , kemudian akan keluar tampilan seperti di bawah ini, yaitu opsi Tweaks yang berfungsi untuk melakukan penanaman settingan registry dan aneka service yang akan distartup, sebagai contoh kita mensetting agar key CTRL+ALT+DEL tidak bisa dieksekusi sewaktu proses masuk dan settingan lainnya.



10. Setelah Opsi Tweaks ini selesai kita konfigurasi, klik-lah button “Lanjut” untuk memproses windows yang kita remastering-kan tadi menjadi files installasi. Setelah pemrosesan selesai, dimana ilustrasinya kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Dapat kita amati bahwa file installer windows XP SP2 hasil remastering kita sekarang HANYA berukuran 170,91 MB. Coba bayangin yang mana ukuran file installer aslinya adalah 574,20 MB berkurang secara drastis menjadi 170,91 MB. Kecil sekali bukan, yang mana berarti kita telah membuang 403,29 MB komponen dan service yang tidak kita perlukan yang hanya menghabisin space dan memory PC kita.

11. Klik-lah button “Lanjut”. Telah selesailah tahap pemrosesan ke bentuk files installasi. Sekarang kita akan membuat image dari files installer hasil remastering tadi. Yeah, kita akan membuat ISO bootable dari installer hasil remastering tadi. Lakukanlah perubahan seperlunya, seperti Label dan lain-lain. Kemudian klik-lah button Buat ISO untuk memulai proses pembuatan ISO file installer windows SP2 hasil remastering yang telah kita lakukan. Perhatikan gambar di bawah ini:



Bila sudah dibuat iso... Cek dulu bisa berjalan apa tidak, cek pakai Virtual Box, jangan se windows nya di Install, hhehe :p

MENAMBAHKAN APLIKASI MENGGUNAKAN WUCD

6 Selanjutnya kita beranjak ke penambahan software yang kita butuh kan agar setelah windows xp hasil remastering tadi kita tidak mengistallkan lagi software yang kita butuhkan di xp kita pada saat xp telah runing.
1. Buka aplikasi WUCD yang telah terinstall klik select dan cari dimana anda menyimpan mentahan xp anda yang akan ditambahkan softwaresetelah ketemu klik OK.



1. Setelah itu pilih select target directory dan cari dimana tempat anda akan menyimpan hasil mentahan xp melalui wucd setelah itu pilih OK.



3 setelah itu pilih software dan ketikan nama software di software description yang akan masukan kedalam installer xp anda pilih file only jika software berbentuk file dan pilih directories jika software anda berbentuk directories lalu pilih add.



a. Setelah nama software muncul di kotak in this order the programs are installed klik nama software yang telah muncul dikotak itu lalu pilih select,setela itu pilih add,untuk software yang memerlukan serial number padasaat pilih select akan muncun dimana letak software yang akan kita tambahkan tadi sebaiknya sengan cara yang sama saat memasukan software tadi masukan terlebih dahulu serial numbernya lalu masukan setup nya atau installernya.



1. Setelah semua software yang kita butuhkan dimasukan melalui aplikasu wucd seperti langgkan diatas tibasaatnya ke finishing setelah tadi kita beres di pilihan software selanjutnya kita pilid Done untuk mengahiri proses di aplikasi Wucd setelah itu pilid Save dan Creat ISO image,pilih dimana anda akan menyimpan hasil ISO/Istaller Xp anda yang telah anda tambahkan software yang ada perlukan tadi tunggu beberapa saat dan jadilah Xp dengan berbagai fasilitas dan tampilan sesuai keinginan anda



setelah semua software telah dimasukan , maka selanjutnya adalah membuat iso , tunggu samapai pembuatan iso selesai , setelah selesai burning ke cd / dvd dengan software kesayangan anda..

Moga berhasil ya kawan buat windows sendiri.. hehehe


Cara 2 Tutorial Remastering Windows XP

Saya akan menjelaskan tutorial remastering Windows XP, remastering ini bertujuan untuk memodifikasi Windows XP asli menjadi sebuah Windows XP versi kita sendiri yang dapat dijadikan ISO sehingga pengguna lain dapat menginstall Windows XP yang sudah dipermak sebelumnya...

Sebelum memulai, sebaiknya kita sediakan tools terlebih dahulu:


1. Windows XP SP3 Original
( bila yg belum punya cri digoogle, hehehe :D)

2. NLite--> berguna untuk memodifikasi Windows XP pada serial number, default user, time, language, dll supaya ketika penginstallan dilakukan si user tidak perlu meng-set language, user , dsb.

Anda bisa download dri link dbwah ini :
Click Here To Download

3. XPize v5 Release 6 --> berguna untuk mengganti background pada logon atau shutdown. (Sebaiknya aplikasi XPize ini dijalankan di Windows XP, anda dapat menggunakan Virtual Box jika anda menggunakan Windows 7)

4. Windows Unattended CD Creator v1.0.2 --> berguna untuk menambah software kita sendiri, ke dalam Windows XP

Alcohol 120%
5. Alcohol 120% v2.0.0 Build 1331 --> Untuk membuat virtual cd (supaya dapat membaca file .iso (selain alcohol 120%, bisa digunakan power iso, daemon atau sejenisnya)

OK.. setelah tools sudah siap mari kita eksekusi... kami buat cara ini dengan step by step:

1. Install Alcohol 120%, lalu insert Windows XP SP3.iso ke Alcohol 120%. Lalu mount ke Virtual CD.
NB : Bisa pkai Alcohol atau Daemon Tools, sesuai selera :)

2. Setelah itu buka drive Windows XP, CTRL+C smua yang ada di drive Windows XP, kemudian buat folder baru dengan nama WindowsXP di drive D.

3. Install aplikasi NLite, dan buka aplikasinya, lalu klik next

4. Pilih lokasi folder WindowsXP yang telah tercopy td, lalu klik next 2x.

5. Pilih Unattended, lalu next, .

6. Setelah terproses, klik NLite sampai finish.

7. Sekarang kita akan mengganti default background pada Windows XP, sehingga ketika Windows XP pertama kali jalan, maka akan muncul wallpaper keinginan kita.

8. Delete file "BLISS.JP_" yang berada di folder "I386"

9. Sediakan gambar yang anda inginkan yang berextensi .JPG

10. Setelah itu, rename gambar anda menjadi "BLISS.JPG"

11. Letakkan BLISS.JPG (gambar yang sudah anda rename td) ke desktop

12. Tekan WINDOWS+R, lalu ketikkan "notepad", lalu enter

13. Ketikkan seperti berikut di notepad:
makecab BLISS.JPG BLISS.JP_
lalu pilih "save as type" menjadi all file.

14. Lalu ketikkan "ubah.bat" di filename, kemudian save di desktop

15. Lalu jalankan "ubah.bat" maka akan muncul file baru bernama "BLISS.JP_"

16. Lalu copykan "BLISS.JP_" yang baru muncul td di folder Windows XP yaitu di "I386".

17. Pengubahan background sudah selesai.

18. Sekarang kita akan mengubah tampilan logon dan shutdown Windows XP.

19. Install aplikasi XPize, jalankan, klik next, pilih "Install xpize 5 Release 6", lalu next.

20. Tunggu loading sampai selesai, Jika aplikasi mengecek update, langsung next aja.

21. next aja.

22. Click "Advanced", uncheck smua checkbox, buka tree "xpize darkside", check "Res patch: logonui.exe". Buka lagi "Resource Bitmaps and System", lalu check "Res patch: winntbbu.dll" (Pilih hanya kedua ini saja).

23. Pilih checkbox "Install to a Windows Setup CD (I386)" lalu pilih lokasinya, lalu klik install, lalu klik finish sampai keluar aplikasi xpize.

24. Background logon sudah selesai, sekarang kita membuat aplikasi kita sendiri untuk dimasukkan dalam Windows XP.

25. Kita bisa menyiapkan aplikasi yang hendak kita masukkan, contohnya aplikasi PicPick.

26. Install aplikasi PicPick seperti biasa di Virtual Box, sampai selesai.

27. Lalu kita buka C:\Program FilePicPick

28. Lalu tekan CTRL+A, lalu klik kanan, pilih "Add to archive". (sebelumnya anda harus menginstall aplikasi WinRAR atau sejenisnya)

29. Ikuti

30. Lalu klik tab "Advanced", lalu klik "SFX Option"

31. Ikuti

32. Lalu pilih tab "Advanced", lalu klik "Add shortcut...", setelah terisi seperti dibawah ini, klik OK

33. Pilih "Add shortcut..." lagi.

34. pilih tab "Modes", pilih "Hide all", lalu pilih tab "Update", lalu pilih "Overwrite all files", lalu klik OK.

35. Sampai muncul file baru

36. File ini yang akan dimasukkan menggunakan Windows Unattended CD Creater.

37. Buka aplikasi WUCDC, pilih select, arahkan ke directory Windows XP, lalu klik "work in source directory"

38. Lalu pilih tab "Software" utk memasukkan smua software yang sudah dibuat SFX nya.

39. Masukkan Software Description, contohnya : PicPick, lalu klik "Add".

40. Lalu klik "Select", pilih file "PicPick", lalu klik "Add". Begitu pula dengan software lainnya.

41. Lalu pilih tab "Done", klik "Save", lalu klik "create ISO-image".
Hasilnya dapat dicoba di Virtual Box,

42. Tutorial selesai, file .ISO siap untuk dipublikasikan dan siap untuk digunakan.
Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat coba, moga-moga berhasil... :D


Cara ke-3 Remastering Windows XP

Apa itu remastering?
Remastering adalah memodifikasi suatu system oprasi baik windows xp,linux ubuntu dan lain-lain, beberapa manfaat dari remastering xp ini diantaranya kita dapat memperoleh system oprasi windows xp ini berukuran lebih kecil dari ukuran installan xp standar, jika anda bosan dengan thema dan wallpaper default yang sering muncul ketika kita pertama menginstall xp kita dapat merubahnya disini sesuai dengan keinginan kita dan juga proses installasi jadi lebih cepat, yang defaultnya 32 menit bisa kita kurangi menjadi 8-15 menit saja, ya sekitar 8-15 saja untuk melakukan instalasi Windows yang sudah kita remastering ini.Dan juga membutuhkan waktu tambahan apabila kita menambahkan berbagai aplikasi di dalamnya. Selain itu kita juga bisa membuat unattended installation, yaitu kita bisa menanamkan serial number installasi, konfigurasi waktu/timezone, user, networking dan lain sebagainya pada windows yang akan kita remastering, sehingga ketika kita melakukan installasi menggunakan windows remastering ini, kita hanya perlu menentukan partisinya dan setelah itu kita bisa meninggalkannya sampai selesai tanpa perlu memasukkan serial number dan konfigurasi-konfigurasi lainnya,serta kita juga dapat membuang aplikasi-aplikasi bawaan windows xp jika tidak terlalu diperlukan seperti worpad,paint dll yang sekiranya tidak berkenan dihati anda untuk digunakan.

Sekarang kita mulai saja cara-cara remastering windows xp, apa saja yang dibutuhkan dan program apa saja yang akan digunakan.

II. Alat dan Bahan
Inilah yang harus dipersiapkan sebelum memulai remastering ini :
1. satu paket PC (personal computer)
2.Sebuah CD original windows xp sp2
3.Software – softaware remastering, diantaranya :
- Resource Hacker
- Nlite
- Windows Unattended CD Creator (WUCD)
- WinntbbuED
-LOGONUI.exe untuk Memodifikasi file *.LogonXP
- 7-zip
4.Software pendukung ,seperti :
- vmWare workstation
- dan software software lainya yang sering digunakan sehari2 seperti ms.office, winamp,photoshop,winrar,Mozilla,dll.

III. Langkah kerja
a. Penjelasan software – software remastering
Biar tidak bingung saya jelaskan dulu fungsi berbagai program yang diperlukan, inilah fungsi-fungsinya :
- Resource Hacker : digunakan untuk membajak file .EXE, .CPL, .DLL, RES dll
- Nlite : digunakan untuk mempermudah proses remastering dan membuat unattended pada CD yang akan kita buat.mulai dari menghilangkan SN,menghapus aplikasi bawaan windows, game windows, service,dll.
- Windows Unattended CD Creator (WUCD) : digunakan untuk menambahkan software ke dalam cd instalan windows
- WinntbbuED : untuk memodifikasi tampilan pada proses penginstallan windows xp.
- vmWare workstation : sebagai program virtual machine dimana kita dapat mencoba windows yang telah kita edit di dalam program ini.jadi kita mengetahui apakah windows yang telah kita edit itu berjalan dengan baik atau tidak, dan juga menglihat apakah yang telah kita rubah sudah berubah atau gagal.
- 7-Zip. Digunakan untuk mengekstrak file yang ada dalam CD windows. Ini bisa diganti dengan fungsi expand yang sudah ada dalam windows itu sendiri.


B. langkah-langkah remastering windows
Sebelum kita mulai kita ekstrak dulu CD windows xp atau kita copy kan dulu xp nya dan simpan dalam satu folder. inget tempat menyimpanya nanti repot lagi kalo lupa…hhe
Nah, setelah cd xp di copy mari kita ikutin saja kalau gitu langkah-langkahnya :
Ikuti langkah-langkah nya dari pertama sampai akhir.
Selamat membaca ….n_n

1. mengganti backgruond pada proses penginstallan menggunakan Resource Hacker
Di reshack ini kita dapat mengubah background pada saat penginstalan dan juga merubah icon. Misalnya kita akan merubah background atau icon pada saat penginstalan.
-pertama buka reshack.exe


-lalu kita buka file WINNTBBU.DLL yang terdapat di folder i386 di folder xp yang telah kita eksrak sebelumnya.



-lalu kita cari gambar tampilan penginstalan xp default yang berwarna biru. Setelah itu klik kanan di “1033” (gambar defaultnya terdapat di 1033)setelah itu rep;ace resource lalu browse gambar yang akan kita gunakan sebagai tampilan pada saat penginstalan dan gambar harus berformat ‘.bmp’



-setelah itu klik replace untuk mengubah tampilan penginstalan default dengan gambar yang kita inginkan.


Dan utuk mengantikan icon2 yang lainnya kita dapat melakukannya sama saja dengan cara di atas. Jangan lupa untuk klik tombol Compile Script untuk melakukan perubahan dalam menedit di sring table ataupun version info.
Supaya perubahan tersimpan pada file WINNTBBU.DLL jangan lupa di simpan (save).


2. Merubah tampilan LOGON menggunakan LOGONUI.EXE

Langkah pertama siap kan LOGONUI yang telah anda download terlebih dahulu atau hasil backupan pada folder c:\windows\system32 anda terlebih dahulu, hal ini sangat penting karena untuk menghindari resiko kegagalan membuat Welcome Screen, dan memodifikasi file windows sangat berbahaya bagi kesehatan PC anda.setelah itu buka aplikasi Resources Hacker.serta gambar ysng sksn snds gunsksn untuk mengganti background log on,gambar yang perlu anda siapkan adalah gambar ber format(.bmp)dan sebaiknya memiliki resolusi kurang lebih VGA (640×480 pixel).
Setelah aplikasi Resources Hackerterbuka anda klik file dan pilih open cari dimana anda meletakkan file LOGONUI.EX tadi setelah ketemu klik OK lalu pilih Bitmap > 100 > 1033 untuk memasukan gambar(berformat .bmp)yang anda ingin kan



Setelah itu klik kanan lalu replace resource seperti gambar berikut



Setelah itu pilih “open file with new bitmap” separti gambar dibawah cari gambar yang anda inginkan selanjutnya pilih replace sampai muncul gambar yang anda inginkan tadi pada kiri kanan bawah seperti gambar berikut setelah itu close dan klik file save AS dan simpan pada i386 di istaller yang anda modif tadi beri nama LOGONUI.EX _ .untuk merubah file menjadi .EX_ kita dapat membuat sebuah script command prompt :
“makecab LOGONUI.EXE LOGONUI.EX_”



3. Modifikasi Default Wallpaper

Bagi pengguna Windows XP,umumnya sudah begitu kenal dengan default wallpaper seperti gambar di bawah. Wallpaper ini bernama bliss.


Jika anda bosan dengan gambar tersebut dan ingin menggantinya dengan gambar lain, ikuti trik singkat berikut :

* Delete BLISS.JP_ pada folder i386.
* Copy gambar yang anda inginkan (format .jpg) ke folder i386 dan beri nama
BLISS.JPG
* Buka notepad.exe dan ketik command berikut :makecab BLISS.JPG BLISS.JP_
* Kemudian save as(misalnya) ganti.cmd di folder i386
* Execute (double klik) ganti.cmd, maka akan muncul BLISS.JP_
* Delete ganti.cmd dan bliss.jpg

4.Mengganti tampilan saat penginstallan menggunakan WinntbbuED
Setelah menggunakan reshack lalu kita menggunakan winntbbuED untuk pengeditan selanjutnya.
Di dalam program winntbbuED ini kita akan merubah seluruh tampilan penginstalan mulai dari background, warna, dan segala tulisan yang ada pada proses penginstalan.
1Pertama ,buka program winntbbuED


Lalu klik file->open->browse ke folder xp->pilih folder klik i386->cari file wintbbbu.dll->lalu open




Klik edit lalu pilih picture, pertama yang akan kita rubah gambar logo windows xp. Kita dapat menganti gambar tersebut dengan mengklik 2x pada logo tersebut dan apabila ingin menghapusnya tinggal klik kanan logo tersebut lalu ‘clear’. Setelah itu klik ‘apply’.
(1)




(2)Masi mengedit di gambar juga. Sekarang di opsion edit pilih background untuk mengubah gambar default biru menjadi gambar yang kita inginkan. Cara menggantinya tinggal klik 2x pada gambar biru default tersebut lalu pilih gambar yang akan dijadikan backgroundnya lalu klik ‘apply’.



Lalu ganti lagi di pilihan edit pilih ‘step picture’. Kita dapat mengubah icon yang berada di pinggir tampilan.Cara mengubahnya klik 2x pada gambar lalu pilih letak gambarnnya lalu klik ok. Gambar harus seukuran (kalau step picture 19 x 19) dan berformat .bmp.setelah selesai menggantinya klik ‘apply’.
3(3)




Dan pilihan terakhir di pilihan edit yaitu progress animation. Di sini kita dapat mengubah animasi kotak2 yang berada di kanan bawah tampilan yang bergerak.Untuk mengubahnya tinggal klik 2x di gambar step tersebut.setelah selesai klik lagi ‘apply’.Dan setelah semua gambar selesai klik ‘OK’.
3(4)



Setelah itu kita dapat juga mengubah jenis font ,ukuran font .klik edit lalu pilih font. Pilih jenis font yang diinginkan dan juga font size dan juga font syle setelah selesai klik ‘OK’.



Dan terakhir kita mengubah warna.Kita klik edit->colour. Rubah warna sesuai dengan keinginan kita mulai dari warna progressbar,warna text,warna billboard title shadow,current step text dan warna step image transparency. Setelah warnanya semua sesuai dengan keinginan kita lalu klik ‘apply’ terakhir ‘OK’



7
Dan untuk merubah text kita tinggal mengklik 2x pada text yang akan dirubah .lalu ketikan apaun yang kita inginkan lalu setelai selesai mengetik klik ‘ok’. Untuk semua text dilakukan seperti itu.




3

Dan terakhir untuk merubah tampilan slide show text kita tinggal klik billboard OS. Untuk windows xp ada 18 billboard yang bisa kita rubah satu persatu. Dan untuk meriview billboar yang telah kita buat tinggal klik ‘simulate’ maka akan berjalan tampilan tersebut .
5






Setelah semua pengeditan dalam winntbbuED ini beres .lalu klik file->save. Secara otomatis akan mengupdate file wintbbbu.dll
8




6. Memodifikasi menggunakan nLite
Setelah itu folder xp yang telah diedit oleh winntbbuED sekarang digunakan lagi untuk pengeditan selanjutnya dengan menggunkan nlite.Dan untuk menjalankan nlite ini, kamu memerlukan NET framework 2.0.
Description: 1Ditampilan awal nlite kita memilih bahasa , pilih bahasa yang diinginkan, misalnya saya menggunakan bahasa Indonesia. Setelah itu klik “lanjut”.

Setelah memilih bahasa, kita akan diminta untuk mencari direktori dimana terdapat file instalasi Windows.klik browse lalu kita arahkan ke folder xp yang telah di edit oleh program sebelumnya.


setelah itu masuk ke halaman setting dan bila kita telah melakukan pengeditan sebelumnya maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Setelah itu klik “lanjut”


Maka kita akan muncul tampilan seperti ini :


Pada bagian pemilihan tugas, kita bisa memilih hal-hal yang harus dilakukan oleh nLite ini.Pada contoh ini, aku hanya memilih untuk menghapus komponen, unattended, opsi, tweaks, dan bootable ISO saja.Setelah itu  klik“lanjut”.
Pada gambar di atas, kita bisa memilih komponen apa saja yang kita anggap pantas untuk kita buang. Sebagai catatan, sebaiknya kita tidak menghapus komponen yang berwarna merah. Bila udah merasa cukup, lalu  klik “lanjut” untuk ke settingan berikutnya.
Setelah proses selesai, kita akan dihadapkan pada setting unattended, seperti di bawah ini.


Di sini kita bisa memasukkan semua settingan agar Windows kita terinstall secara silent mode.Di tab ‘umum’ ini kita memasukan SN, tipe computer,mode unattended,EOM peripheral,path program file. Isikan semuanya dengan benar setelah itu kita pindah ke tab ‘pengguna’
7
.
8Di tab ‘pengguna’ ini kita rubah nama administrator dengan nama kita.isikan nama lengkap dan deskripsi. Setelah itu kita atur apakah menggunakan masuk otomatis atau tidak. Kalo menggunaka masuk otomastis nantinya kita langsung masuk windows tanpa log seperti biasanya. Setelah selesai d tab ‘pengguna’ kita pindah ke tab ‘ID jaringan’.
Di tab ‘ID jaringan’ kita masukan nama computer kita lalu workgroup, nama lengkap dan organisasi. Setelah semua selesai diisikan lalu pindah ke tab ‘Regional’
Di tab ‘regional’ ini kita pilih bahasa yang akan digunakan lalu pilih lokalisasi,jenis keyboard,dan lokasi. Kita bisa langsung memilih “gunakan tipe bahasa” untuk mempermudah.Dan pilih juga zona waktu kita berada. Setelah semuanya selesai lalu pindah ke tab ‘tema desktop’.

Di tab ini kita akan memilih tema yang akan digunakan. Klik “tambah” untuk menambahkan tema dan apabila ingin menggunakan tema yang ada di computer kita, kita dapat memilih “sisipkan semua local”  maka akan memanggil semua tema yang terdapat di computer kita. Setelah semunya selesai klik “lanjut” dan tab sisanya biarkan saja default tidak perlu dirubah.
Maka akan muncul gambar seperti di atas. Lalu klik “lanjut”
12
Di tampilan tweaks ini kita dapat memilih sendiri tweaks windows yang dihapus atau ditampilkan. Setelah semuanya selesai klik “lanjut”.
Setelah itu kita masuk ke proses penyimpanan settingan yang telah kita buat. Klik “yes” untuk memulainya.

14Tunggu beberapa menit sampai proses semuanya telah beres. Setelah beres prosesnya maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Klik next dan akan masuk ke tampilan seperti ini.
15
Setelah itu kita buat file ISO nya, kita tinggal klik “buat ISO” tunggu sampai proses pembuatan ISO nya selesai dan terakhir klik “lanjut”.
16




7. Menambahkan program-program  Menggunakan Windows Unattended CD Creator (WUCD

  1. hasil dari nlite tadi berupa iso ,lalu kita exstrak dlu menggunakan winrar
  2. Simpan dalam satu folder (mis: xp-hendra)
  3. Setelah itu jalankan program Windows Unattended CD Creator yang sebelumnnya telah diinstallkan dulu ke dalam computer.di dalam program ini kita akan menambahkan berbagai program-program ke dalam XP sehingga program-program ini akan diinstallkan bersamaan dengan menginstall windows.
1

5. klik menu Select
6. Kemudian pilihlah folder yang isinya hasil dari ekstrak dari xp kita sebelumnya.
2(1)




7. Tunggu beberapa saat, karena proses loading baru di mulai
8. Setelah loading selesai maka akan tampil seperti ini :

2(2)
9. Kemudian klik “work in source directory” untuk menambahkan software dalam satu folder  di dalam folder Xp yang telah diekstrak sebelumnya.

2
12. setelah itu untuk menambahkan program-program kita tinggal klik tab ‘software’
3
13. utuk memasukan program yang hanya satu file setup saja(file tunggal) maka pilih ‘files only’ isikan ‘file description’ sebagai nama program lalu klik ‘add’.
4




14. maka file tersebut aka muncul di kolom sebelah kanan. Lalu klik nama program tersebut lalu klik ‘select’ untuk memilih file setup setelah itu klik ‘add’.maka akan gambarnya akan seperti di bawah ini :
5

15. untuk memasukan program yang filenya tidak tunggal biasanya tersimpan dalam satu folder, seperti program Microsoft office 2007 yang dalam satu foder pilih ‘directories’ untuk menambahkan program tersebut . tidak lupa isikan juga ‘software description’ nya juga lalu klik ‘add’ lalu browse pilih dimana folder yang terdapat program tersebut.
6

16. setelah maka akan muncul nama list nya di sebelah kanan, klik nama program yang baru ditambahkan tadi lalu klik ‘select’. Apabila program tersebut memerlukan SN (serial number)  nanti pas waktu penginstalan maka yang pertama dimasukan file SN tersebut. Misalnya SN nya dalam bentuk TXT maka pilih pertama SN.TXT tersebut .
7

17. maka akan muncul seperti gambit di bawah ini lalu klik ‘add’ .
8
18. setelah di ‘add’ maka akan seperti ini.
9

19. sekarang kita pilih ‘select’ lagi, nemun sekarang pilih file setup nya. Maka aka nada jendela browse lalu kita pilih file setup nya .
10

20. lalu sekarang klik ‘add’ untuk memasukan ke dalam list penginstalan. Letaknya berarti berada di bawah file SN.TXT sehingga pada saat penginstallan nanti maka sebelum file setup dipanggil maka akan memanggil dulu file SN.TXT
1112

21. Kemudian klik tabs Done, kemudian klik tombol Save .
22. Kemudian klik tombol create ISO-image untuk memulai membuat file ISO.




23. Kemudian pilih folder untuk menyimpan file ISO, kemudian klik Save.tunggu sampai proses pembuatan ISO nya selesai.

14

24.setelah ISO selesai dibuat coba jalankan di vmware untuk memastikan apakah program yang telah disimpan ke dalam file ISO dapat dipanggil dan berjalan dengan benar dan untuk melihat apakah masih ada kesalahan atau tidak. Setelah dicoba di vmware dan hasilnya baik tidak ada lagi kesalahan maka file ISO siap di burning ke dalam CD /DVD.
nah sekarang kita sudah beres meremastering atau memodifikasi windows xp sesuai dengan keinginan kita. Walau agak rumit namun tapi kalau berusaha pasti bisa.
Jadi kalo ada kesalahan mohon di maafkan namanya juga masih tahap pembelajaran.
Kalau ada masukan masukan boleh tinggal di coment aja di bawah ini.
Terima kasih dan selamat mencoba.
Good luck.
^_^

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

1 komentar:

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook