Kasian, Temen saya Foto Bugil Lalu Disebar Pacarnya di Facebook



Beneran, kaget saya... semalam di beranda facebook saya tiba-tiba muncul foto bugil seorang teman perempuan saya, dia asli Arek Kepanjen, sebut saja 'Bunga'. Dia gadis yang cantik, umurnya mungkin sekitar 18 tahun.

Saya lumayan kenal dengan Bunga, bahkan beberapa kali bertemu di tempat kerjanya, di tempat foto kopi dan jual ATK di Kepanjen.

Awalnya saya pun tidak percaya, kalau itu si Bunga. Lalu saya pun memperhatikan dengan seksama. Mulai detail foto, teksture kulit, pencahayaan, dan background lokasi. Meski sedikit terangsang juga... hihihihi... Ya gimana, saya juga kan normal juga. Dan kesimpulannya menurut pengamatan saya, ini adalah foto asli.

Kasian. Awalnya saya kira, mungkin Si Bunga sedang depresi atau stress dengan mengunggah foto dirinya yang tanpa baju tersebut. Sebab, nampaknya ini foto selfie, bukan foto yang difoto oleh orang lain. Lalu, saya pun mencoba untuk melihat isi dinding dari profil facebook si Bunga.

Saya geser scroll mouse ke bawah. Dan, disitu ternyata, ada sebuah status yang isinya facebook tersebut telah diambil alih oleh Pacarnya atau mungkin Mantan Pacarnya. Melihat ini sepertinya bukan ulah Bunga, saya pun mencoba memberi komentar di status yang ditulis oleh Mantan Pacarnya tersebut. Dan jawabannya pun kurang baik.

Ya, tahu seperti itu, saya pun mencoba untuk menghubungi dia (korban) si Bunga yang bersangkutan. Hm, ternyata saya tidak punya nomor HP nya. Akhirnya saya mencoba inisiatif untuk bertanya di sebuah Grup Facebook tempat berkumpulnya Pengguna Facebook asal Kepanjen. Saya pun tahu bila si Bunga sering posting juga di grup tersebut.

Ketika saya tanya, apakah ada yang mengenal si Bunga ini, rata-rata anggota grup yang sedang online malam itu pada gak kenal secara langsung. Namun, syukurlah ada seorang Wanita, sebut saja Melati, dia teman dekat si Bunga, tepatnya teman SMPnya dan tetangganya. Dia sempat memberi tahu alamat rumahnya, namun si Melati sedang berada di luar negeri, dan dia tidak mempunyai kontak si Bunga.

Hm, setelah sekitar 15 menit, usaha saya untuk mencoba memberi tahu si Bunga bahwa ada foto bugilnya di facebook dia akhirnya saya hentikan saja, sebab :
1. Foto bugil tersebut telah dihapus oleh yang menggunakan akun facebook tersebut
2. Tidak ada sahabat si Bunga yang kenal langsung dan membantu memberi tahu dia

Jadi, saya pun tidak mau terlibat terlalu jauh, meski pada posisi ini saya adalah saksi, dan termasuk beberapa teman facebook Bunga yang melihat hal serupa, dan ketika saya konfirmasi semuanya mengaku melihatnya, mungkin juga telah menyimpannya.

Pada dasarnya kasihan si korban karena terlalu polosnya, kasihan juga keluarga korban, kasian juga si pelaku yang belum bisa menjaga baik aib orang yang dicintainya.

Kasus ini bisa masuk ke ranah Pidana, mengingat foto tersebut telah dilihat secara umum di media sosial yang merupakan fasilitas umum. Waktu saya cek, saat itu ada sekitar 3 orang yang ikut berkomentar, dan beberapa telah me-like foto tersebut, bukti foto ini telah dilihat banyak orang.

Semoga saja si Pelaku membaca tulisan saya ini, dan bisa segera sadar, bahwa perbuatannya ini sungguh memalukan, dan bisa terjerat kasus hukum.

Ini juga menjadi pelajaran bagi kita. Janganlah memfoto diri sendiri dalam keadaan telanjang, sebab meski kita tidak menyebarnya, ada kemungkinan foto itu nantinya akan dicopy orang lain, mungkin saat terpegang oleh orang lain, atau saat di tempat rental komputer, dan lain-lain.

Jangan juga memberi password facebook ke siapapun termasuk kepada pacar.

Sabar ya 'Bunga'...

Tambahan, berikut Undang-Undang yang bisa menjerat pelaku bila si Korban atau keluarga tidak terima :

Pasal 27 ayat (3) UU ITE
“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”

Pasal 45 ayat (1) UU ITE
“Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)”.

Berdasarkan rumusan Pasal 27 ayat (3) UU ITE, adalah baik jika Anda berhati-hati dengan apa yang Anda tulis pada status facebook Anda. Hal ini karena pengaturan mengenai pencemaran nama baik atau penghinaan di dalam UU ITE lebih luas daripada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”).

Dalam arti, di dalam KUHP (Bab XVI tentang Penghinaan) jelas bahwa perbuataan penghinaan tersebut harus dilakukan terhadap seseorang dan merupakan delik aduan (Pasal 319 KUHP). Akan tetapi, di dalam perumusan Pasal 27 ayat (3) UU ITE hanya dikatakan bahwa orang yang melakukan penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media elektronik dapat dipidana.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

4 komentar:

  1. Bocah gemblong itu bunga Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe yo sakno jane mas, korban pergaulan bebas jaman sak'iki

      Hapus
  2. teman saya juga mengalami hal yang sama ,saya ingin mengadukan ini kepada polisi .
    tapi si korban masih belum berani karena malu dan takut sama orang tuanya apalagi korban masih duduk dikelas 2 smk .
    ada saran untuk saya untuk membantu teman saya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, kasian memang banyak gadis saat ini jadi korban pergaulan bebas jaman sekarang, ya klo saran saya, selama si gadis masih tertutup dan gak mau melapor sama keluarga atau siapa pun, kita juga mending terpaksa diam saja gan, karena serba salah, nanti kalau aib keluarga dia tersebar, kita juga akan dianggap salah juga...

      Hapus

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook