Cara Membuat Silsilah Keluarga Online Gratis

Dahulu, ketika kita ingin membuat silsilah keluarga kita harus menuliskannya di atas kertas. Hal ini tentu saja membutuhkan bertumpuk-tumpuk kertas atau buku untuk menuliskan data masing-masing anggota keluarga yang semakin lama semakin berkembang, sehingga kita membutuhkan ruang atau tempat untuk penyimpanan

Namun, di era serba komputer dan semakin berkembangnya teknologi internet ini , kita bisa memanfaatkan bantuan beberapa layanan yang kini tersedia di Internet. Salah satu layanan untuk membantu merunut pertalian darah keluarga kita adalah Geni (http://www.geni.com). Sebagai contoh bisa melihat, silsilah keluarga yang aku buat dengan menggunakan fasilitas ini.

Situs ini dilengkapi fitur untuk merunut siapa saja yang mempunyai hubungan darah dengan cara membuat "pohon keluarga." Tampilan pohon keluarga ini bisa dilebarkan ke atas, bawah, maupun ke samping kiri dan kanan seperti sebuah pohon yang cabangnya bisa berkembang ke mana saja.

Ke atas, kita bisa merunut dari orang tua, kakek-nenek, dan siapa saja saudara dari kakek atau nenek kita itu. Ke bawah, kita bisa merunut dari anak-anak, pasangan anak kita, dan keluarga mereka. Sedangkan ke samping, kita bisa merunut dari keluarga istri (mertua), kakak, adik, ipar, keluarga ipar, dan seterusnya.

Kita juga bisa mengundang orang lain yang ternyata memiliki hubungan saudara untuk bergabung di akun pohon keluarga yang kita miliki. Undangan bisa dilayangkan lewat surat elektronik atau melalui Facebook karena Geni sudah dilengkapi fasilitas Facebook connect. Geni akan memberi tahu orang tersebut bahwa ia bagian dari keluarga si pengirim "undangan" sekaligus menyediakan pilihan untuk "merger" atau menggabungkan dengan silsilah orang lain yang memiliki hubungan. Kita dapat merunut jalur pertalian darah sehingga kita dapat memahami bagaimana hubungan dengan anggota keluarga lain.

Setiap anggota keluarga yang telah bergabung juga dapat aktif meng-update kabar kepada anggota keluarga lain. Kita bisa mengunggah foto atau video untuk disertakan dalam profil anggota keluarga maupun untuk melengkapi album koleksi foto kegiatan yang digelar bersama keluarga. Geni juga dilengkapi menu untuk membuat jadwal agenda kegiatan yang akan dilakukan agar setiap anggota keluarga mengingatnya.

Dengan memiliki silsilah atau pohon keluarga, paling tidak kita bisa mengingat dan mengenalkan kepada anak-anak kita siapa-siapa saja yang memiliki hubungan keluarga.

Berikut langkah-langkah membuat silsilah keluarga dengan layanan geni :
  1. Buka atau klik http://www.geni.com
  2. Tuliskan nama dan email kita, lalu klik "Mulai silsilah Keluarga Saya"
  3. Klik nama profil kita pada “pohon keluarga”, kemudian klik edit profil
  4. Tuliskan data pribadi kita, kemudian klik “simpan dan tutup”.
  5. Klik silsilah untuk kembali ke “pohon keluarga”, kemudian tambahkan hubungan keluarga dengan melebarkan "pohon keluarga" ke atas, ke bawah, atau ke samping
  6. Masukkan dan sunting data dan foto profil masing-masing anggota keluarga
  7. Selesai

Selamat mencoba.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

2 komentar:

  1. bagaimana dengan securitynya bos? mengingat data keluarga penting utk dijaga confidentialitynya dari fraud

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman pak, data bisa dipublish, bisa diprivasi, yg membuka juga harus terdaftar akun member yg dipilih (y)

      Hapus

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook