Cara Verifikasi Fanpage Facebook Tanda Centang Biru


Bagi Anda yang belum mengerti Cara Verifikasi Fanpage Facebook Tanda Centang Biru, saya akan coba sampaikan di artikel ini.

Memverifikasi fanpage / halaman facebook berarti kita memberikan kesan profesional pada halaman facebook kita tersebut. Selain itu, dengan memverifikasi fanpage facebook, pengikut facebook kita lebih yakin dan percaya dengan setiap posting di fanpage kita, sebab dikelola oleh orang atau lembaga yang benar. Facebook juga akan memberikan prioritas dalam pencarian nama di kolom pencarian, termasuk prioritas dalam hal hak cipta nama, foto, maupun semua status di fanpage kita tersebut, sehingga bila ada klaim maka fanpage terverifikasi akan lebih diutamakan sebagai pemilik hak cipta.

Verifikasi Fanpage facebook ada 2 jenis, yakni verifikasi centang biru dan centang abu-abu. Centang biru untuk fanpage yang lebih diyakinkan milik seseorang / lembaga yang bersangkutan, centang abu-abu untuk fanpage yang diverifikasi namun belum dikelola secara profesional.

Untuk mendapatkan verifikasi centang / checklist biru atau abu-abu, ada 2 cara, yakni cara online dan juga offline (datang langsung ke kantor facebook).

Syarat Verfikasi Fanpage Facebook :
1. Bila fanpage pribadi harus dimiliki oleh seseorang yang bersangkutan (tidak bisa diwakilkan), bila fanpage lembaga/nama usaha/perusahaan harus juga betul-betul dimiliki perusahaan yang bersangkutan (tidak bisa diwakilkan).
2. Isi data-data di bagian "Tentang" atau "About" fanpage kita, kalau bisa semua diisi dengan lengkap, detail, dan sejelas mungkin.
3. Miliki sebuah website atau blog dengan nama, url (domain) yang sama dengan nama fanpage, pasang widget fanpage kita di halaman website atau blog tersebut.
4. Fanpage harus aktif, paling tidak setiap seminggu sekali diupdate, artinya fanpaget terurus dan memang dikelola dengan baik oleh admin.
5. Untuk fanpage pribadi, siapkan data-data seperti scan KTP, KK, atau SIM, untuk fanpage usaha/perusahaan siapkan data scan surat SIUP atau Akta Pendirian Lembaga Usaha yang berbadan hukum, atau bisa juga scan Kartu NPWP usaha, atau kwitansi tagihan listrik atau buku rekening bank dengan nama sesuai nama usaha kita dengan sebenarnya.

Cara Verifikasi Fanpage Facebook dengan Cara Offline (Datang ke Kantor Facebook) :

Untuk pengurusan lebih cepat dan pasti berhasil Anda harus langsung mengunjungi kantor pusat facebook di Indonesia atau di kantor pusat di Amerika, dengan membawa data-data identitas diri pribadi secara lengkap atau data legalitas lembaga usaha kita, seperti yang saya sampaikan di syarat nomor 5 di atas.

Silahkan berkunjung ke :

Kantor Facebook Indonesia
Mal Pacific Place
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta

Kantor Facebook Pusat
Menlo Park, California, Amerika Serikat

Cara Verifikasi Fanpage Facebook Centang Biru via Online dengan IP Luar Negeri :

Silahkan baca dulu penjelasan dari facebook secara resmi klik di sini...

Kita bisa mencoba memverifikasi ke halaman facebook seperti di bawah ini, namun yang perlu dicatat, kita harus menggunakan komputer dengan IP komputer luar negeri (maaf, cara ini sedikit curang sebenarnya, jadi kemungkinan berhasil lebih kecil, namun patut untuk kita coba) :

Cara Verifikasi Facebook centang Biru

Siapkan Peralatan dan perlengkapan:
  • Website atau blog
  • Fanspage Facebook
  • Koneksi Internet
  • Scan KTP atau SIM atau tanda pengenal berbadan hukum lainnya

Selanjutnya Langkah yang harus anda lakukan
  1. Siapkan Akun fanspage yang sudah memiliki 50 sampai 100 orang suka (Likes) Dan Ada Interaksi (komentar)
  2. Fanspage harus terbuka untuk umum
  3. Siapkan tanda pengenal seperti KTP ( Asli/Palsu Terserah )
  4. Siapkan Website atau blog ( Di dalam Website harus ada Widget Fanspage anda )
  5. Nama Fanspage WAJIB sama dengan nama di Website anda
  6. Lalu Setting Fanspage Anda : About (Tentang) " Official Page Of Nama Fanpage yang telah anda buat " Dan setting nama Situs: " www. Website atau blog kita . com "
  7. Jika semua sudah Disiapkan ( Foto KTP , Fanspagenya dan website official )
  8. Selanjutnya silahkan masuk ke Link Ini: https://www.facebook.com/help/contact/1448613808726619 ( jika ada tulisan "Tidak dapat dibuka di wilayah anda atau sebagainya berarti anda harus ubah IP komputer anda dengan IP Inggris) "
  9. Pilih Fanspage Anda
  10. Upload Foto KTP atau tanda pengenal lainnya
  11. Masukkan Link website atau blog Anda
  12. Selanjutnya Klik Send
  13. Silahkan tunggu informasi, biasanya pihak Facebook Merespond ,Kurang Lebih 1-4 hari
  14. Apabila anda mendapatkan informasi " We Respond Your Request..... dst " atau warna nya biru, SELAMAT Fanpage anda Telah di verifikasi atau Verified, Namun jika anda mendapatkan respon dengan teks berwarna Merah silahkan Ulangi Cara ini Dari Pertama
Cara Verifikasi Centang List Abu-Abu :

Verifikasi ini agak berbeda, Status verified tanda centang berwarna abu-abu. Ada yang mengatakan, warna centang tanda verified itu membedakan antara public figure dan bukan. Tapi itu nggak masalah.



Jadi, bagaimana cara saya mencapat tanda centang verified pada fanpage? Yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Buka fanpage yang akan kita verifikasi. lalu buka menu Setting (Pengaturan)


2. Jika saat halaman Setting dibuka terdapat menu "Page Verification" lalu pada keterangan tertulis "Page is not verified" maka saya mengucapkan selamat! Berarti proses verifikasi fanpage bisa dilanjutkan dengan meng-KLIK tombol Edit pada sebelahnya.


NB: Tetapi, jika tidak ada menu "Page Verification" seperti pada gambar di atas, itu artinya Anda tidak bisa memverifikasi panpage. Penyebab fanpage tidak bisa diverifikasi adalah karena beberapa hal sebagai berikut:
Tidak ada nomor kontak
Ada nomer kontak tetapi sering ganti
Atau hasil merger banyak fanpage
Anda sedang tidak beruntung... :'(

2. Lanjut langkah kedua. Setelah klik EDIT, akan muncul tombol baru yaitu "Verify this Page"... Klik saja...


3. Akan muncul Pop Up baru... Pada Pop Up seperti di bawah, klik "Get Started"


4. Jika fanpage kita sudah disetting dari awal ada nomer kontaknya, maka otomatis di kolom isian nomor telepon akan muncul nomor telepon kita.
Jika belum ada, bisa ditambahkan sendiri. Lalu klik "Call Me Now"


5. Lalu dari facebook akan menghubungi kita untuk memberikan kode verifikasi berupa 4 digit angka yang harus kita masukkan pada kolom isian kode di pop up setelah klik tombol "Call Me Now"


6. Sesudah memasukkan kode verifikasi, klik "Continue" dan proses verifikasi fanpage akan sampai pada tahap review oleh pihak Facebook.
Saatnya kita menunggu, apakah berhasil atau tidak.


7. Jika berhasil, saya mengucapkan selamat, artinya tutorial cara verifikasi fanpage facebook ini berhasil. Jika gagal yaa mungkin ada kesalahan dalam langkah-langkahnya.


Seperti inilah hasil verifikasi abu-abu di fanpage Anda


Oke, selamat mencoba.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

7 komentar:

  1. O... nggak bisa via online ya...??
    Kalo lokasinya kita jauh susah juga ya...

    BalasHapus
  2. Facebook buka cabang donk di Padang. :D

    BalasHapus
  3. Yaah, telat deh. Dulu masih blm anggap penting tuh badge, yang penting PPS. Sekarang butuh malah udah ganti kebijakan -,-

    Thanks, mas, infonya.

    BalasHapus
  4. oh gitu ternyata gitu ya..
    bookmark dulu bang, ntar aja prakteknya kalau lagi gak sibuk.

    thank's mas rey

    BalasHapus

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook