70 Tahun Indonesia Merdeka, Ayo Kerja ! Maksudnya ?


Melihat Logo 70 Tahun Indonesia Merdeka di atas terdapat teks slogan Ayo Kerja, maksudnya adalah mari kita bekerja untuk Indonesia yang lebih baik. Tentu saja demikian.

Pemerintah seolah menginginkan kita sebagai masyarakatnya harus terus semangat dalam bekerja dan berkarya demi kemajuan bangsa kita ini.

Saya juga telah membaca di website kemenkeu.go.id, intinya demikian, Presiden Jokowi bersama Pemerintah Pusat mencanangkan slogan Ayo Kerja di 70 tahun HUT RI ini adalah untuk memberikan semangat kepada kita semua sebagai Warga Negara Indonesia untuk terus bekerja secara bersama dan gotong royong demi menciptakan Indonesia yang Makmur dan Sejahtera.

Tidak ada yang instan, apalagi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan bermartabat di mata dunia.

Kita tahu, saat ini kita telah jauh dari negara-negara maju. Mengapa demikian? Padahal kita telah 70 tahun merdeka. Ya, banyak sekali faktornya, namun 2 hal utama yang menjawab pertanyaan ini menurut pengamatan saya adalah :

1. SDM (Sumber Daya Manusia)
2. Persaingan Global

Yang pertama, SDM berpengaruh pada keadaan bangsa kita yang seperti ini saja, sebab, belum banyak masyarakat kita yang berfikiran maju, cerdas, dan berkembang. Persentasi masyarakat yang beruntung mendapat pendidikan yang baik masih lebih sedikit daripada yang tidak mendapatkan. Intinya, jumlah masyarakat yang berintelektual masih lebih sedikit daripada yang kurang berintelektual. Meski memang kecerdasan intelektual harus diimbangi dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

Yang kedua, Persaingan Global. Semenjak kita merdeka 70 tahun yang lalu, sayangnya perkembangan negara kita tidak secepat negara-negara yang bernasib sama. Banyak negara-negara maju, sebut saja Singapura yang justru merdeka baru 50 tahun yang lalu (merdeka tahun 1965), mereka mampu membangun diri jauh lebih maju. Ya, disebut nasib atau takdir, kita mungkin malah jadi akan pesimis. Yang jelas, Indonesia sedang bersaing dengan negara-negara lain di seluruh dunia. Kita seharusnya sadar akan hal ini dan bagaimana kita berfikir bersama dan berjuang bersama untuk mengejar ketertinggalan.

Demikian opini saya, bagaimana menurut Anda? Silahkan sampaikan di kolom komentar. ^_^ MERDEKA !! Ayo Kerja ! Selamat Ulang Tahun Indonesia !

Rey Arifin
Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia
www.facebook.com/ReyArifin

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook