Cara Membuat AC Sederhana Sendiri


Air Conditioner (AC) menjadi salah satu alat yang dicari sebagian orang untuk mengatasi hawa panas. Akan tetapi tidak semua orang memiliki AC di rumahnya.

Kendati demikian, bagi Anda yang tidak memiliki AC di rumah tidak perlu khawatir. Anda dapat membuat AC sendiri di rumah dengan biaya murah, ketimbang harus membeli AC di toko elektronik, seperti video yang diunggah CrazyRussianHacker di YouTube, Kamis (13/8/2015).

Untuk membuat AC sendiri hanya diperlukan beberapa peralatan sederhana meliputi ember besar berserta tutupnya, bisa gunakan bekas cat, pipa paralon, kipas kecil, gergaji, bor, plester, dan dry ice atau dikenal biang es. Setelah barang yang dibutuhkan siap, bisa langsung memulai membuat AC buatan dengan biaya murah.

Pertama ukuran kepala kipas angin kecil di atas tutup ember, kemudian bentuk pola sesuai dengan kepala kipas angin kecil itu menggunakan spidol. Setelah itu, potong pola yang telah dibuat tadi, dan tempelkan plester di bagian dalam, dan tempelkan kepala kipas angin dalam tutup ember yang telah di lubangi, kemudian rapikan.

Setelah itu bor bagian tengah tubuh ember sehingga membentuk lubang besar. Selanjutnya lakukan itu lagi hingga membuat tiga lubang. Setelah itu, ambil pipa dan potong pipa paralon menjadi tiga bagian. Pipa paralon yang telah di potong tadi, dimasukkan ke dalam masing-masing lubang yang telah di buat, kemudian rekatkan pipa tersebut menggunakan plaster.

Langkah berikutnya adalah masukkan biang es ke dalam ember tersebut, kemudian tutup menggunakan penutup ember yang telah dipasangkan dengan kipas. Cara kerja perangkat ini sebenarnya sangat mudah. Kipas menghadap ke dalam ember yang direkatkan di penutup ember itu meniupkan udara ke biang es yang ada di dalamnya. Kemudia biang es tersebut membawa hawa dinginnya ke luar melalui tiga buah pipa paralon.

sumber : techno.okezone.com

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

1 komentar:

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook