Jaman Soeharto Lebih Enak? Yang benar aja !!!


Kalau masih ada saja orang-orang yang bereforia untuk kembali ke zamannya Bapak Soeharto, karena katanya di zaman tersebut semuanya pada lebih murah... mungkin orang tersebut perlu disadarkan dulu.

Menurut saya secara pribadi, ogah ah kembali ke jaman Pak Harto !!!, biar kata saat ini dollar seharga Rp 14 ribu atau bahkan 20 ribu, saya enggak masalah tuh...

Sebagai perbandingan, tanya saja kepada diri masing-masing, dulu nya Anda punya apa, nah sekarang "punya apa" pula .., apakah ada peningkatan ..????

Misalnya saja kalau saya dulu hanya punya kendaraan sepeda pancal di rumah. Sekarang, Alhamdulillah saya sudah punya sepeda motor di rumah, bahkan dalam satu rumah lebih dari satu.

Lagi, saya sekarang punya HP dan bisa untuk internetan. Nah, dulu HP adalah barang mewah, tidak semua orang memiliki. Sekarang? pengemis pun kalau pakai hp sudah biasa tuh.

Banyak orang lebih mudah kemana-mana karena sudah punya sepeda motor, banyak orang lebih pintar karena sudah punya HP dan bisa internetan. Komunikasi juga mudah sekali dengan adanya HP dan internet.

Benar beberapa barang mahal tapi kita mampu kan membelinya? Meski tidak semuanya mampu dibeli, minimal barang-barang seperti sepeda motor dan HP ada di rumah kita.

Dan lagi, sekarang kebebasan berfikir masih dihargai. Kita semua jauh lebih bebas mengekpresikan apa maunya kita, apa yang kita fikirkan, bahkan, banyak yang kebablasan seperti orang-orang yang mirip Jonru dkk. Bayangkan ?? kalau di zaman Pak Harto mungkin sudah "lenyap" orang-orang tersebut.

Tapi tetap saya tidak memungkiri ada juga hal-hal tertentu yang lebih enak di zaman Pak Harto, misalkan polusi masih gak sebanyak sekarang, udara lebih segar, termasuk kenangan-kenangan indah jaman dulu. Barang-barang murah tapi pendapatan keuangan keluarga juga lebih rendah.

Jadi, sebenarnya kita tidak usah menjelek-jelekkan suatu zaman karena kita tidak suka pemimpinnya, karena setiap zaman atau masa itu masing-masing ada enak dan ada susah nya juga .., yaaah .., seimbang lah ..

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

4 komentar:

  1. Saya rasa itu cma tunturtan zaman aja ya....
    Kalau pada zaman soeharto negara indonesia jika di bandingkan negara lain, indonesia masih pantas unjuk gigi... La kalo sekarang..? Indonesia gk ada apa2nya jka di banding negara lain bahkan di banding negara tetangga dekat sperti malaysia singapore dan thailand....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keadaan bangsa yang seperti sekarang ini juga karena lengahnya pemimpin dulu terhadap misi memperjuangkan kemandirian bangsa. :) Terima kasih komentarnya Agan Ahmad Rifai (y)

      Hapus
  2. kalon yg ini saya sangat setuju...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Agan Adi Gunawan (y) yang penting tetap optimis semoga nasib Bangsa ini semakin membaik... :)

      Hapus

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook