Boros Mana? Setya Novanto dkk (4,6 M) atau Ahok (95 jt) ?


Anda pasti bakal terkejut melihat perbedaan ini. Setya Novanto dkk habiskan Rp 4,6 miliar lebih untuk kunjungan ke Amerika Serikat dengan hasil kunjungan yang masih belum jelas, dan Ahok yang hanya menghabiskan Rp 95 juta ke Belanda dengan hasil kunjungan yang lebih jelas dengan laporan kegiatan yang transparant.

Berikut sebuah berita yang dari Tempo :

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok baru saja menyelesaikan kunjungannya ke Rotterdam, Belanda. Ahok, sapaannya, dalam situs pribadinya, Ahok.org, menjelaskan bahwa kunjungan selama lima hari itu menghabiskan anggaran Rp 95 juta.

Anggaran yang dihabiskan Ahok sangat jauh jika dibandingkan dengan anggaran yang dihabiskan anggota Dewan Perwakilan Rakyat jika berkunjung ke luar negeri. Contohnya adalah anggaran rombongan Ketua DPR Setya Novanto cs saat berkunjung ke Amerika Serikat, awal bulan lalu.

Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menyebut anggaran minimal perjalanan Setya cs menghabiskan Rp 4,631 miliar untuk 9 orang selama 12 hari. Artinya, tiap orang menghabiskan anggaran 511 juta per hari. "Bahkan kami menduga anggaran bisa lebih besar dari Rp 10 miliar karena adanya berbagai tunjangan," ujar Sekretaris Jenderal Fitra Yenny Sucipto kepada Tempo awal September lalu.


Perbedaan anggaran yang besar itu terlihat dari berbagai pos yang dikeluarkan. Misalnya, untuk anggaran pesawat saja, Ahok yang menggunakan pesawat kelas bisnis hanya menghabiskan anggaran sebesar US$ 5626 atau sekitar Rp 81 juta untuk penerbangan pulang pergi. Sementara rombongan Setya Novanto, menurut catatan Fitra, tiap orangnya menghabiskan anggaran sebesar US$ 14428 untuk penerbangan pulang pergi atau sekitar Rp 201 juta dengan patokan dolar sekitar Rp 14 ribu.

Perbedaan mencolok terlihat pada anggaran uang saku dan hotel. Selama lima hari perjalanan dinas, Ahok hanya menerima uang saku sebesar US$ 463 per hari atau sekitar Rp 6,6 juta. Total selama lima hari, ahok menerima uang saku US$ 2315 atau Rp 33,5 juta. Anggaran itu sudah termasuk biaya akomodasi hotel sebesar Rp 10,6 juta.

Sementara Rombongan Setya Novanto cs menerima uang saku US$ 527 per hari plus biaya hotel US$ 1.312 per malam. Dengan uang saku plus biaya hotel sejumlah US$ 1839 per hari ini, tiap anggota DPR menghabiskan anggaran Rp 25,7 juta per hari.

sumber : http://nasional.tempo.co/read/news/2015/09/28/078704563/ini-duit-yang-dipakai-setya-novanto-cs-ahok-siapa-boros

----

Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengecek laporan kegiatan Ahok di Belanda yang sudah dimuat secara detail dan lengkap di situs Ahok.org : http://ahok.org/tentang-ahok/laporan-basuki-terkait-kunjungan-kerja-di-rotterdam-belanda/

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook