Rebut Hak Negara ! 4 Syarat Berat Jokowi untuk Freeport


Sejak jaman Ir. Soekarno, baru kali ini Presiden RI berani mempersoalkan hak-hak negara. Di jaman Bung Karno, kita begitu disegani, sebab saat itu tidak mudah warga asing membangun perusahaan tambang di Indonesia, apalagi itu adalah tambang emas.

Freeport berada di Papua dan betul-betul mengeruk harta kekayaan bangsa Indonesia semenjak disetujui kontraknya oleh Mantan Presiden Soeharto. Tambang Emas terbanyak se-Indonesia itu pun akhirnya harus dikeruk keuntungan terbesarnya oleh Amerika.

Lantas, apa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi saat ini ?

Presiden Joko Widodo meminta PT Freeport Indonesia untuk melepas sahamnya di Indonesia. Hal itu menjadi salah satu dari empat syarat yang harus dipenuhi Freeport jika kontraknya ingin diperpanjang.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral(ESDM) Sudirman Said mengisyaratkan pemerintah bakal memperpanjang kontrak PT Freeport Indonesia yang akan habis di 2021. Asalkan, Freeport memenuhi empat syarat yang diamanatkan Presiden Jokowi.

"Saya berkonsultasi dengan Presiden dan beliau mengingatkan prinsip-prinsip yang mesti dipegang," ujarnya di Jakarta, Kamis (8/10).

"Prospeknya cukup baik. Dalam setahun Freeport minimal pengadaan barang USD 1 miliar dan USD 900 juta untuk jasa," ungkapnya.

Empat syarat yang diajukan Presiden Jokowi yaitu

1. Freeport harus membangun pabrik pengolahan dan pemurnian atau smelter di Papua.

2. Freeport harus bisa meningkatkan lokal konten.

3. Presiden Jokowi juga meminta Freeport melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mengelola tambang bawah tanah tersebut.

4. Freeport harus libatkan unit lokal dan membangun sumber daya manusia di kawasan sekitar serta melepas sahamnya di Indonesia.

"Presiden memberi pesan, kita harus memperbaiki iklim investasi. Tidak hanya mengundang investasi, tapi menjaga investasi yang ada," tutupnya.


Mantap ! Rebut Hak Negara kita Pak Jokowi.... Jangan biarkan tambang emas terbesar se-Indonesia ini dimiliki oleh Amerika. Menyedihkan, karena hingga saat ini kita hanya disisakan lobangnya !

Share agar lebih banyak yang tau !

Baca semua berita mengenai Presiden Jokowi, klik di sini...

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

2 komentar:

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook