XL makin Mahal ! Harga naik, Masa aktif hanya seminggu !


Saya adalah salah satu pelanggan XL dari sekian juta pelanggannya di Indonesia ini. Saya sadar bahwa kini XL semakin mahal, setelah saya mendapatkan SMS dari XL malam ini mengenai masa aktif nomor XL saya yang telah habis dan disarankan untuk mengisi pulsa.

Jarang telpon dan SMS keluar

Kebetulan nomor HP saya ini saya gunakan untuk stasiun radio milik saya, Radio Kepanjen FM. Saya sangat jarang menggunakan nomor saya ini untuk menelpon, jadi hanya saya gunakan untuk terima telpon dan sms.

Waktu saya membeli nomor XL ini satu tahun lalu, saya masih ingat, sangat jarang saya mengisi pulsa, seingat saya dulu sekitar 2 bulan lebih baru isi pulsa, dan itu hanya saya isi 5 ribu. Masa aktif pulsa 5 ribu saat itu masih lebih lama, termasuk masa tenggang, namun kini tidak lagi.

Mungkin tidak banyak yang sadar mengenai hal ini, sebab menurut pengamatan saya, sangat jarang seseorang yang begitu detail mencatat/mengingat tanggal masa tenggang dan masa aktif nomor HPnya.

Pengguna XL menurun ?

Mengapa saya gunakan nomor XL untuk stasiun radio saya, sebab menurut pengamatan saya setahun lalu, sangat banyak pemuda-pemuda di daerah saya yang menggunakan XL, terutama ABG yang masih SMP dan SMA. Saya bisa cek dari SMS yang masuk ke nomor HP radio saya.

Namun, seiring berjalannya waktu, saya sadar memang XL kini semakin mahal, dan lagi, saya cek saat ini SMS dari nomor XL ke nomor HP stasiun radio saya tidak sebanyak dulu lagi, kemungkinan telah banyak yang pindah ke lain hati karena mungkin kekecewaannya terhadap XL.

Mungkin karena hal ini juga XL kini memperpendek masa aktif dan masa tenggang karena XL tidak mau rugi bila nomornya hanya digunakan untuk terima telpon dan terima SMS saja, sebab kemungkinan ada operator lain yang kini lebih murah dari XL untuk menelpon dan mengirim SMS, termasuk internetan.

Kartu XL saya Hangus

Kesadaran saya akan hal ini bermula saat sekitar 3 bulan lalu, tiba-tiba signal XL di HP saya ini tiba-tiba tidak ada. Setelah saya cek ternyata HP saya tidak ada masalah, yang masalah ternyata kartu XL saya sudah hangus.

Hangusnya kartu XL saya waktu itu tidak ada peringatan sama sekali oleh Provider XL, tidak ada SMS sama sekali, tiba-tiba hangus begitu saja.

Lalu saya pun mengurusnya ke Kantor XL Center di Kota Malang. Walhasil saya mendapatkan kembali nomor XL saya ini dan aktif, namun sayang semua pulsa saya di nomor lama telah hangus dan tidak bisa diselamatkan. Hadew... kejam juga ya.... Saya hanya mendapatkan kartu saya telah aktif dengan pulsa yang saya harus bayarkan di XL Center sebesar 25ribu.

Harga pusat Naik, Masa aktif dan Masa tenggang memendek

Nah, setelah saya aktifkan lagi nomor XL saya yang telah hangus tersebut, saya baru sadar XL semakin mahal setelah memang masa aktif XL kini semakin pendek, termasuk masa tenggangnya juga semakin pendek.

Kebetulan saya juga ikut Distributor Pulsa. Saya ingat betul dulu harga pulsa XL 5 ribu masih sekitar 5.200, sehingga Counter masih bisa menjual seharga 6 ribu. Namun kini, di sistem distributor saya harga pulsa XL 5 ribu sebesar 5.800, hampir 6 ribu, berarti Counter jika menjual seharga 6 ribu hanya mendapatkan laba sebesar 200 rupiah. Menyedihkan.

Saya pun isi pulsa pada malam ini sebesar 5ribu, tanggal 10 Oktober, lalu saya cek pulsa, ternyata masa aktif saya hanya bertambah 7 hari yakni berakhir tanggal 16 Oktober.

Oke, ini catatan saya hari ini :
  • Pulsa XL 5 ribu kini seharga Rp 5.800 
  • Masa aktif pulsa XL 5 ribu hanya 7 hari (seminggu)
  • Masa tenggang XL Axiata : 20 hari
  • Masa tenggang XL bebas : 30 hari

Masa aktif adalah dimana kita masih bisa telpon dan sms ke luar.

Masa tenggang adalah saat kita tidak bisa lagi telpon dan sms ke luar, dan bila tidak kita hiraukan, kartu kita akan hangus setelah tanggal masa tenggang selesai.

Tanggal masa tenggang tidak ditampilkan di layanan cek pulsa

Yang perlu saya catatankan juga hari ini, bahwa saat tidak bisa mengecek tanggal masa tenggang saya, sebab saat saya cek pulsa di nomor *123#, balasan yang saya dapatkan hanya jumlah pulsa saya dan masa aktif kartu XL saya saja. Coba bayangkan, tanggal masa tenggang tidak dicantumkan dengan harapan agar pengguna sesegera mungkin untuk isi pulsa. Dan bila pengguna lupa, maka kartu akan hangus dan pulsa lama akan hilang juga.

Untungnya kini, ada peningkatan dari XL yakni adanya SMS pemberitahuan bahwa nomor XL Anda masa aktifnya berakhir, jadi meski hanya seminggu dengan 5 ribu, paling tidak ada pemberitahuan.

Masa aktif dijual oleh XL

Dengan diperpendeknya masa aktif XL, kini XL menjual masa aktif tanpa menambah pulsa, dengan cara :
  1. Ketik *123# Call
  2. Jawab/pilih nomor yang berarti mPulsa
  3. Jawab/pilih nomor yang berarti Perpanjang Masa Aktif
  4. Jawab/pilih nomor yang berarti lamanya masa aktif : 3 hari (2ribu), 7 hari (5ribu), 30 hari (15ribu), 90 hari (30ribu), 360 hari (100rb).
Membeli masa aktif ini secara otomatis mengurangi sisa saldo pulsa yang kita miliki.

Saya kira ini adalah solusi bagi yang menggunakan nomor XL untuk menerima telpon atau SMS saja, tanpa sering telpon atau SMS keluar, kita bisa membeli masa aktif meski ini tidak menambah pulsa kita.

Namun, yang janggal adalah coba cek, perpanjang masa aktif untuk 7 hari seharga 5 ribu. Dengan harga pulsa 5 ribu saat ini diberi masa aktfi juga 7 hari, berarti sama saja dong dengan isi pulsa... hihihihi....

Beli pulsa 5 ribu : dapat pulsa 5 ribu + masa aktif seminggu
Beli masa aktif 5 ribu : tidak dapat pulsa + masa aktif seminggu

Semakin mahal tidak ada pengumuman, Promo baru diumumkan

Apa yang saya tulis di sini, adalah sebagian kecil dari curhatan seorang pengguna operator seluler. Tidak tau bagaimana dengan operator seluler lainnya, apakah juga sama, ketika ada kenaikan harga atau perpendekan masa aktif dan masa tenggang tidak ada pemberitahuan sama sekali, tiba-tiba mahal saja. Namun, ketika ada promo baru diumumkan seolah-olah lebih baik dari yang lain.

Semoga semua operator kini umumkan perubahan harga dan kebijakan

Saya harap, kini semua operator seluler secara bijak mengumumkan kepada pelanggannya bila ada kenaikan harga atau kebijakan, agar tidak semakin banyak masyarakat yang tiba-tiba terkejut karena ada perbedaan harga atau masa aktif maupun masa tenggang secara tiba-tiba.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Komentar Pembaca dengan Akun Google

3 komentar:

  1. "Beli pulsa 5 ribu : dapat pulsa 5 ribu + masa aktif seminggu
    Beli masa aktif 5 ribu : tidak dapat pulsa + masa aktif seminggu"
    ngakak saya bacanya. Bos klo beli masa aktif kn itu anda ga perlu kluarin duit lagi, toh pulsanya ga dipake kan? Cuma buat idupin nomer aja? Xl kluarin itu supaya org yg pulsa masih banyak tetapi ga mau beli pulsa lagi dengan rupiah, bisa menukarkan pulsanya dengan masa aktif.. hahahahahaa

    BalasHapus
  2. saya pengguna xl bertahun-tahun namun pelayaanan xl semakin jelek, disamping itu harganya mahal, lagi pula tipon sebentar mahal, wah sayang semakin kita percaya xl semakin tidak memberikan kepuasan pada pelanggan lama. mau beralih kadung dikenal, yah... hanya bersabar barangkali xl punya program yang bisa membantu rakyat kecil

    BalasHapus

    Komentar Pembaca dengan Akun Facebook