Perbedaan Omzet, Profit, Cash, dan Free Cash


Bila anda seorang pengusaha, baik sebagai Owner, Distributor, Agen, Reseller, Dropshipper dsb tidak mengetahu perbedaan Omzet, Profit, Cash, dan Free Cash (Income) maka ini berbahaya. Kenapa? Karna untuk apa anda berbisnis kalau anda saja tidak tau mana yang dinamakan "Keuntungan bersih" dan "keuntungan Kotor"

Kata-kata ini memang sering kita dengar namun kalau tidak tahu bedanya ya sama aja. Berikut akan coba saya paparkan perbedaan antara keduanya.

" Omzet adalah Seluruh jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu namun belum dikurangi dengan biaya HPP (Harga Pokok Produksi) dan Expense (Gaji, Tagihan Listrik, Biaya ngiklan dll) "

Pokoknya Omzet itu seluruh yang yang didapat dari hasil penjualan selama jangka waktu tertentu (misal : Sebulan) tapi belum dikurangi dengan seluruh biaya yang udah kita keluarin untuk Produksi barang, Pemasaran barang, gaji karyawan, tagihan ini itu dll.

" Profit adalah Jumlah Uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu tapi sudah dikurangi dengan Biaya HPP (Harga Pokok Produksi) dan Expense (Gaji, Tagihan Listrik, Biaya Ngiklan, Pemasaran dll) "

Profit itu hanyalah laporan diatas kertas saja. Artinya Profit itu masih harus kita ubah lagi agar bisa menjadi Cash dan menjadi Free Cash ( Income).

Baca : Jangan Jualan Ke Orang Dekat !

Kalau Profit itu hanyalah laporan diatas keuangan saja maka

" Cash adalah Uang yang nyata kita terima/masuk ke rekening bisnis kita yang dihasilkan dari hasil penjualan yang sudah dikurangi oleh seluruh biaya pengeluaran "

Nah, Cash ini juga harus kita bagi dua. Jangann semua cash ini kita nikmati ntar Bisnis malah jadi gagal. Atau sebaliknya, cash yang didapat diputar kembali untuk bisnis. Ini sama aja kita Berbisnis capek-capek tapi gak menikmati apa-apa.

Cash dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Cash yang diputar kembali untuk berbisnis.
2. Free Cash.

Nah yang harus kita ketahui adalah yang kita nikmati itu adalah FREE CASH. Inilah target utama kita dalam berbisnis.

" Free Cash adalah uang yang bisa kita nikmati untuk kepentingan pribadi, keluarga maupun orang lain diluar sangkut paut dari bisnis kita. Dalam arti ini murni uang kita dari hasil berbisnis. Yang sesuka hati kita gunakan untuk hal apapun yang kita suka "

Nah sekarang sudah paham kan perbedaannya. Udah tau juta kan mana yang menjadi target utama kita ?

Yuk perbaiki Laporan Keuangan kita. agar bisa dapat Free Cash yang kita idamkan.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook