6 Hal Mengapa Percaya Diri Sangat Penting


Tidak dapat dipungkiri bahwa percaya diri sangat penting bagi siapapun untuk menghadapi berbagai persoalan hidup yang ada. Tidak peduli permasalahan yang akan muncul asalkan memiliki rasa percaya diri yang tinggi semua terasa ringan dan santai. Selain itu ketakutan yang tidak beralasan tentang hasil yang dicapai tidak akan muncul dan mengiterogasi diri.

Tentunya ini berbeda dengan orang yang memiliki kepercayaan diri rendah atau lemah. Mereka sering mengeluhkan dirinya karena sulit berkembang menjadi pribadi yang cerdas. Padahal kita tahu bahwa kunci kesuksesan sebuah usaha sering ditentukan oleh kuatnya rasa kepercayaan diri. Meskipun begitu ternyata tidak mudah untuk menjadi percaya diri. Apalagi ditengah kondisi yang sulit dan cenderung kurangnya motivasi dari orang terdekat. Makanya jangan heran jika sebagian mereka mudah menyerah dan putus asa.

Padahal ditinjau dari beberapa segi atau sudut pandang berbeda, percaya diri yang kuat sangat penting untuk perkembangan pola pikir anda dalam menghadapi masalah. Dari sinilah muncul berbagai alasan yang mengemuka tentang pentingnya rasa percaya diri.

Alasan kuat percaya diri sangat penting :

1. Bertambah Keyakinan
Seringkali kita dihadapkan ada kenyataan hidup di mana hati terasa sempit karena terbayang ketakutan yang berlebihan. Selain itu buruknya cara berpikir yang mudah mengeluh semakin memperburuk keadaan. Dalam keadaan seperti tentu membutuhkan solusi yang cerdas. Apa itu? Keyakinan. Dampak?

Keyakinan yang muncul pada diri anda pada dasarnya adalah ruh untuk mencapai keberhasilan. Makanya orang yang memiliki keyakinan yang tinggi tentang apa yang dikerjakannya cenderung percaya diri tentang kepuasan pencapaian. Di samping itu keyakinan menghilangkan rasa ragu-ragu tentang kemampuan untuk memulai. Oleh karena itu anda harus punya keyakinan tentang apa yang anda lakukan dan kerjakan sehingga kepercayaan diri membantu anda menghasilkan kerja yang optimal.

2. Memberikan Kekuatan Super
Berbicara tentang kekuatan super mungkin yang terbayang dihati anda adalah superhero seperti Batman, Superman atau Ultraman. Padahal jika digali lebih dalam anda bisa menjadi manusia super dengan mengandalkan rasa percaya diri yang kuat. Mengapa?

Pernahkah anda berpikir tentang Nabi Muhammad SAW beliau tidak peduli dengan cemoohan atau ejekan dari masyarakat sekitar. Terlebih lagi cacian itu datang dari hampir semua penduduk kota Mekah. Sedangkan hanya segelintir orang saja yang mau menerima dakwah beliau. Akan tetapi karena beliau paham bahwa apa yang dilakukannya adalah sebuah kebaikan jangka panjang untuk manusia maka beliau maju tak gentar untuk hal tersebut.

Berkaca dari hal itu rasanya tidak aneh jika orang dengan rasa percaya diri yang kuat menjadi manusia berkekuatan super yang kehilangan rasa mudah menyerah. Bagaiamana dengan anda?

3. Energi dan Semangat Melimpah
Apabila rasa percaya diri yang kuat muncul maka secara pasti energi dan semangat berusaha anda akan membumbung tinggi. Selain itu kinerja yang anda lakukan cenderung lebih baik dan optimal karena didukung pengaruh positif dari semangat mencapai tujuan.

Berkaitan dengan inilah sudah seharusnya anda mulai meningkatkan rasa percaya diri anda untuk tujuan tersebut. Jangan jadikan sebuah kesulitan menjadikan semangat anda melemah dan putus asa.

4. Bertambah Sifat Berani
Seberapa besar rasa percaya diri yang anda munculkan pada dasanya itu berdampak pada sifat berani yang anda miliki. Terlepas dari mana anda mendapatkannya apakah dari diri sendiri atau motivasi dari orang terdekat tidak masalah. Ingat yang terpenting adalah anda bisa memunculkan kepercayaan diri.

Ketika anda telah percaya diri maka dalam melakukan hal apapun ( seperti presentasi) anda akan berani untuk menghadapi audiens. Rasa was-was yang membelenggu pikiran anda akan hilang dengan sendirinya karena rasa percaya diri yang kuat menutup pintu dihati anda untuk tidak takut resiko buruk yang kemungkinan muncul.

5. Lebih Tenang
Selain melahirkan sifat berani ternyata dengan kepercayaan diri yang kuat dapat menghadirkan ketenangan yang luar biasa. Mereka tidak akan mudah goyah hanya karena ditakut-takuti atau diintimidasi dengan kegagalan. Mengapa begitu?

Coba berpikir bukankah orang yang tenang ketika menghadapi masalah biasanya memiliki persiapan yang jelas. Oleh karena itu tidak heran jika alasan tersebut menjadikan percaya diri mereka begitu kuat dan tinggi.

6. Lebih Mudah Mencapai Kesuksesan
Memang tidak mudah untuk mencapai sebuah kesuksesan atau keberhasilan yang maksimal. Terlebih tanpa ada percaya diri tentang hal tersebut apa yang anda lakukan hanya akan bersifat terburu-buru tanpa strategi jitu.

Oleh karena itu ledakkan rasa percaya diri anda sehingga anda bisa menjadi pribadi yang penuh dengan jiwa kesuksesan. Dengan begitu anda bisa mengontrol setiap usaha yang anda lakukan dan yakin bahwa hal tersebut pintu mencapai kesuksesan.

Demikianlah sedikit alasan kuat mengapa percaya diri yang kuat begitu penting. Meskipun begitu semua terserah kepada anda mengenai cara memaksimalkan potensi diri anda. Yang jelas jangan mudah menyerah sebelum berusaha. Asalkan anda telah menemukan kesulitan belajar dan mengenali penyebab daya ingat lemah atau menurun pasti anda bisa menjadi pribadi dengan percaya diri yang kuat.

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook