15 Fakta yang membuktikan bahwa "CINTA ITU UNIK"


Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah “cinta”. Kata magis yang satu ini sering kali digunakan dalam kehidupan kita semua, baik oleh remaja maupun orang dewasa. Tapi, tahukah kamu kalau ada 15 fakta unik tentang cinta yang mungkin belum banyak diketahui orang :

Cinta Bikin Bodoh

Banyak yang mengatakan bahwa cinta itu bikin bodoh karena pada saat jatuh cinta, seseorang tidak bisa memutuskan mana yang baik untuk dirinya sendiri.

Hal ini tidak bisa dipungkiri karena studi yang dilakukan di Universitas Leiden pun membuktikan bahwa saat seseorang jatuh cinta, sebagian besar otaknya dipergunakan untuk memikirkan sang kekasih.

Cinta adalah Reaksi Kimia yang Bikin Mabuk

Kalau selama ini kita menggadang-gadang cinta sebagai suatu perasaan, maka sebenarnya cinta adalah reaksi kimia yang bisa membuat mabuk. Sama halnya dengan minuman dan zat psikotoprika yang membuat manusia mabuk. Hal ini disebabkan oleh pada saat jatuh cinta, seseorang memproduksi hormon dopamin dalam jumlah yang cukup besar.

Cinta Bikin Pria Berjalan Lebih Lambat

Mungkin selama ini perempuan dianggap berjalan lebih lambat daripada pria. Tapi jangan salah, saat jatuh cinta, pria akan berjalan lebih lambat dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh para pria berusaha untuk menyesuaikan tempo berjalannya dengan orang yang dicintainya.

Cinta Bikin Buta

Kutipan mengenai “Love is Blind” sepertinya tidak bisa dipungkiri karena sepintar dan sehebat apapun seseorang, ia akan menjadi orang yang gelisah dan tak tahu arah saat jatuh cinta.

Kamu dan Bau Tubuhnya

Saat jatuh cinta, tubuh manusia akan mengeluarkan Major Histocompatibility Complex (MHC) yang merupakan gen pengontrol sel-permukaan molekul.

Gen tersebut digunakan tubuh untuk memberitahu diri bahwa ada orang asing yang mendekat. MHC ini muncul melalui bau keringat, air liur, dan tubuh. Jika kamu menyukai bau keringat atau tubuh pasanganmu, maka hal itu menandakan bahwa kamu dan si dia memiliki kecocokan MHC.

Feromon Cinta

Pernahkah kamu tiba-tiba mencium sesuatu (bau atau wewangian) yang mengingatkanmu pada orang yang kamu cintai? Hal ini muncul karena terdapat hormon feromon yang bisa mengembalikan ingatan atau cecapan mengenai wangi atau bau tersebut.

Tinggi Suara dan Meniru Gaya

Saat jatuh cinta, perempuan cenderung akan meninggikan suaranya secara tidak sadar. Sementara itu, seorang lelaki yang sedang jatuh cinta akan meniru gaya orang yang dicintainya secara tidak sadar pula.

Tradisi Pertunangan dalam Cinta

Saat seorang lelaki sudah merasa tepat dengan kekasihnya, maka ia akan melamar sang kekasih untuk menjadi isterinya dengan cara bertukar cincin. Tapi, tahukah kamu siapa orang pertama yang melakukan tradisi pertunangan ini?

Dia adalah Archduke Maximillian of Austria yang melamar kekasihnya Mary of Burgundy. Keduanya melakukan pertunangan pertama di dunia pada abad ke-15.

Bandara Cinta

Di dunia ini ternyata ada juga bandara cinta, yaitu bandara yang sering menyaksikan kisah cinta antara dua insan yang berjalan dengan sangat romantis. Bandara yang diklaim sebagai bandara cinta ini adalah Bandara Philadelphia.

Cinta, Detak Jantung, dan Jari Manis

Saat seseorang sedang jatuh cinta, ia akan merasakan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Itulah sebabnya cincin pernikahan diletakkan di jari manis agar bisa mengontrol pembuluh darah yang tersambung langsung ke jantung.

Wajah yang Mirip

Kamu pasti sudah sering mendengar kan kalau dua orang yang berjodoh biasanya memiliki kemiripan wajah? Hal ini disebabkan oleh keduanya memiliki usaha yang secara sadar maupun tidak, dilakukan untuk menyeimbangi pasangannya.

Jatuh Cinta 7 Kali

Katanya, kebanyakan orang akan merasakan jatuh cinta sebanyak 7 kali sebelum akhirnya memutuskan untuk menikahi pasangan terakhirnya. Meskipun banyak juga orang yang hanya merasa jatuh cinta sekali dan langsung menikahi pasangannya itu.

Love dan Bahasa Sansekerta

Secara asal usul, banyak yang menyebutkan bahwa kata “Love” berasal dari Bahasa Sansekerta “Lubhyati” yang artinya gairah. Wah, pantas saja orang yang jatuh cinta penuh gairah ya?

Owa dan Mimi Mintuna

Dua jenis hewan yang bisa hidup dengan hanya mencintai satu pasangan saja adalah Owa dan Mimi Mintuna. Owa merupakan makhluk primata yang hanya akan kawin dengan satu pasangan sesama Owa hingga mati.

Begitu juga dengan hewan belangkas yang disebut Mimi (jantan) dan Mintuna (betina). Mereka hanya akan kawin dengan satu pasangan hingga akhir hayatnya.

Umur Panjang

Beberapa mitos mengatakan bahwa pria yang mencintai pasangannya dan menciumnya di pagi hari akan memiliki umur 5 tahun lebih lama dibandingkan dengan pria yang tidak melakukannya. Percaya atau tidak, kamu bisa buktikan sendiri!

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook