Cara Membuat Disclaimer, Privacy Policy, dan TOS untuk Blog Kita




Bagi para Blogger sekalian, ternyata halaman Disclaimer, Privacy Policy, dan TOS (Terms of Service) sangat penting untuk blog kita, terutama bagi blog yang terpasang widget Google Adsense.

Sebagai wawasan, berikut adalah pengertian Disclaimer, Privacy Policy, dan TOS :

Pengertian Disclaimer.
Disclaimer adalah sebuah halaman yang memberikan sanggahan atau peraturan tentang batasan-batasan yang diperbolehkan oleh pemilik situs kepada user atau pengguna situs dalam melakukan complain atau tuntuntan terhadap sebuah situs atau web yang di kunjungi.

Disamping itu Disclaimer merupakan hal yang sangat penting untuk di cantumkan pada sebuah situs, karena halaman ini sangat erat kaitannya dengan sebuah Hak Cipta dari sebuah blog atau web.

Fungsi Disclaimer.
Fungsi Disclaimer adalah untuk memberikan penjelasan tentang peraturan yang berlaku dalam sebuah situs mengenai langkah pembelaan dari blog atau web yang bersangkutan, seperti melakukan tuntutan terhadap tindakan pelanggaran yang terjadi pada situs anda.

Pengertian Privacy Policy.
Privacy Policy adalah sebuah halaman yang berisi tentang segala aturan-aturan yang berlaku pada sebuah web atau situs yang dibuat dan telah ditentukan oleh pemiliki sebuah situs, didalam halaman Privacy Policy berisi tentang kebijakan sebuah situs dalam mengelola informasi yang berasal dari pengunjung situs.

Selain itu halaman Privacy Policy juga memberikan bukti bahwa siapa pemilik dari situs tersebut, serta memungkinkan visitor untuk menayakan hal-hal yang berkaitan dengan situs tersebut

Fungsi Privacy Policy.
Funsi Privacy Policy adalah untuk memberikan jaminan keamanan data atau privacy pengunjung blog atau web atas aktivitas apa saja yang dilakukan pada sebuah web.

Pengertian TOS (Terms Of Service).
TOS atau Terms Of service adalah halaman bagian dari sebuah situs yang memberikan penjelasan peraturan secara umum yang harus di patuhi oleh pengunjung situs, pertauran ini sifatnya mengikat dan tentunya setiap situs memiliki perturan yang tercantum dalam TOS (Terms Of Service) yang berbeda sesuai yang dikehendaki pemilik Situs.

Fungsi TOS (Term Of Service).
Memberikan penjelasan tentang peraturan yang harus ditaati oleh pengunjung atau visitor blog.

Cara Membuat Halaman Disclaimer, Privacy Policy, dan TOS

1. Klik "Page" > "New Page"
2. Isi kolom judul dengan "Disclaimer" / "Privacy Policy" / "Term Of Service"
3. Ketik konten disclaimer/privacy policy/term of service versi Anda atau copas dari website pembuat ketiga hal ini yang tersedia banyak di internet, tinggal kita cari di google.
4. Publish! Selesai...

Berikut link Website Generator dalam bahasa inggris :

http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/
http://www.freeprivacypolicy.com/
http://www.privacypolicyonline.com/terms-of-service-generator/
http://www.freenetlaw.com/free-website-disclaimer/
http://www.serprank.com/privacy-policy-generator/
http://209.204.219.152/free_disclaimer.htm

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook