Penjelasan Format Acara TV NonDrama


NONFIKSI (NONDRAMA) adalah sebuah Format Acara Televisi yang diproduksi dan dicipta melalui proses pengolahan imajinasi kreatif dari realitas kehidupan sehari-hari tanpa harus menginterpretasi ulang dan tanpa harus menjadi dunia khayalan. Nondrama bukanlah sebuah runtutan cerita fiksi dari setiap pelakunya. Untuk itu, format-format program acara non drama merupakan sebuah runtutan pertunjukan kreatif yang mengutamakan unsur hiburan yang dipenuhi dengan aksi, gaya, dan musik. Contoh: Talk Show, Konser Musik, dan Variety Show.

Dalam bidang nondrama, ada tujuh subkatagori yang bisa dijadikan rumus baku yang berlaku di dunia broadcast, yaitu: talk show, magazine show, game show, quiz, concert music, repackaging video, dan variety show. (Naratama: 2002)

Sementara untuk urusan pemberitaan yang berat aktual hanya terbagi dalam subkategori berita dan olahraga. Setiap subkatagori ini mempunyai sifat yang sangat fleksibel terutama pada bidang Nondrama. Acara konser musik dapat didukang dengan selipan quiz. Acara talk show yang penuh dengan adu argumentasi antar pengisi acara, bisa diaduk dengan permainan game show adu balap lari di tengah perdebatan. Semuanya sah-sah saja, asalkan sang Sutradara nantinya mampu mengarahkan jalan cerita yang tidak menyimpang dari perencanaan semula. Dan juga, penonton dapat mengerti apa yang diinginkan pada acara tersebut. Yang menarik, kalau Anda terpojok saat berpikir kreatif dalam satu bidang, jangan Anda bingung. Cobalah Anda lakukan saling-silang dengan bidang lain. Misalnya: cerita drama keluarga dipadukan dengan konser musik. Hasilnya menjadi opera musik, atau dalam bahasa bekennya sering disebut sebagai operet. Misalkan lagi, berita olahraga yang menjemukan dapat dikemas dengan gaya magazine show. Hasilnya, berita olahraga yang seharusnya tampil serius menjadi berita yang santai dan menghibur. Apalagi kalau Anda mengemas profil para olahragawan sejajar dengan para selebriti sinetron yang penuh gosip.

Lalu, mengapa Program Acara Nondrama yang dibahas? Hal ini disebabkan bidang ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pemula di bidang televisi. Apalagi, jika diingat bahwa sangat sulit menemukan buku-buku referensi tentang Nondrama yang berbahasa Indonesia, di antara sejumlah buku tentang Film, Televisi, Jurnalistik TV, Kritik penyiaran, dan sebagainya.

Untuk Anda yang ingin berkarier menjadi broadcaster tv maka ketiga dasar Format Acara Televisi di atas adalah pakem yang harus dimengerti dengan benar. Apalagi kalau diulas lebih dalam, ternyata setiap Format Acara Televisi mempunyai klasifikasi yang sangat banyak.

Sumber : Manajemen Produksi Program acara TV format Nondrama:Grassindo 2013 - Anton Mabruri KN

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook