Penjelasan Jenis-Jenis Iklan Radio



Yang bisa dilakukan di radio ada 2 tipe: melalui on air atau off air. Di post ini saya akan membahas mengenai on air.

1. Spot

Recorded, durasi 60 sec, disertai sound effect, suara talent voice over yg renyah, sehingga bisa menciptakan theater of mind bagi yg mendengarkan iklannya. Biasanya bertujuan untuk menciptakan awareness. Informasi yang disampaikan lebih baik 1 atau 2 saja, karena kalau terlalu banyak menjadi kurang efektif (pendengar malah lupa apa infonya).

2. Adlibs

Live, durasi 60 sec, dibacakan langsung oleh penyiar. Biasanya rate adlibs lebih tinggi dibandingkan spot, dikarenakan script yang sudah ada, dikreasikan bridgingnya oleh masing-masing penyiar (bridging - bagaimana proses dari penyiar ngobrol, endingnya bahas brand) - bagi beberapa radio script adlibs yang kami kirimkan kadang di re-write untuk disesuaikan dengan gaya radio masing-masing. Sifatnya lebih soft sell, karena lebih persuasif & mengedukasi.

3. Insert

Durasi 3 menit (kadang ada beberapa radio yg boleh sampai 5 menit), recorded/live. Untuk recorded, biasanya contentnya tips, testimonial, time signal. Live biasanya berupa quiz, live phone interview. Di beberapa radio, terkadang live report masuk ke insert juga. Live report biasanya digunakan untuk promo event, saat D-day reporter radio akan ke venue, melaporkan langsung (bisa berupa laporan mata atau merujuk pada press release atau interview dengan Brand Manager/Brand Ambassador). Time signal biasa dikenal saat bulan Ramadhan (pengingat adzan Maghrib yg disertai spot produk), namun konsep ini bisa saja dikreatifkan, contoh setiap jam 8 pagi akan tayang iklannya "Eh udah jam 8! Jangan lupa sarapan bergizi dengan Energen karena sarapan adalah important meal of the day! *tagline produk*".

4. Talkshow

Bincang santai durasi 60 min (di beberapa radio ada yang durasi 30 min, bahkan ada juga yang menghilangkan radio dari rate cardnya, ada juga yg mengadakan talkshow 1x seminggu). Konsep lebih baik dibuat sekreatif mungkin, agar pendengar tidak bosan dan 'lari' pindah channel.

Di radio bisa juga built-in program/sponsorship program. Konsep radio X digandeng dengan brand tertentu, yang benefitnya biasanya pemutaran spot produk & brand mention (biasanya brand mentionnya berkali-kali, karena promo program sudah ada schedulenya dan schedulenya berbeda daripada schedule space komersil)

Sebarkan ! Share Artikel ini !

Share on Google Plus

Tentang Rey Arifin

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia, Pendiri & Ketua Komunitas Blogger Indonesia, Pendiri & Penyiar Radio Kepanjen FM.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.
    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Google

0 komentar:

Poskan Komentar

    Sampaikan Komentar Anda dengan Akun Facebook