Rabu, 28 Desember 2016

Download Fruit Loops (FL Studio) Full Version versi Ringan dan versi Baru



Fruit Loops atau Fruity Loops atau FL Studio adalah Program atau Software Composser dan Editing Audio yang digunakan biasanya oleh Profesional Composser untuk mebuat lagu, mengedit lagu, memixing dan merekam lagu, bahkan menciptakan musik baru dengan nada-nada buatan sendiri. Software ini juga sering digunakan oleh mereka untuk membuat musik lagu karaoke profesional atau membuat musik lagu ciptaan sendiri.

FL Studio adalah solusi bagi yang ingin bekerjasama dengan studio rekaman namun belum ada modal? karena FL Studio adalah Program atau Software yang menciptakan studio rekaman rumahan, kenapa saya bilang menciptakan studio rekaman rumahan? karena di dalam FL Studio itu sendiri terdapat Alat Musik Digital yang dapat kita mainkan dan dapat kita rekam layaknya kita berada di Studio Rekaman aslinya sehingga menjadi sebuah lagu, dan dengan FL Studio itu sendiri kita dapat mencipta lagu yang luar biasa yang tidak dapat di mainkan dengan alat musik aslinya.



Bukti dari kebolehan FL Studio
Layaknya manusia biasa kita seringkali kurang percaya, hanya percaya  kalau sudah ada buktinya, nah berikut saya sertakan file-file mp3 hasil karya para composer dalam membuat lagu menggunakan FL Studio :
- Link download segera saya sertakan di sini

Dimana dapat menemukan FL Studio ?
Untuk mendapatkan FL Studio silahkan download di bawah ini. Sudah saya sediakan yang versi 5 yakni versi Fruti Loops yang lebih ringan bisa diinstall di komputer spek rendah atau laptop, dan juga versi 11 yang lebih baru namun sedikit lebih berat.

FL STUDIO 5 (Untuk Spek Komputer Rendah Minimal Pentium 4 RAM 1GB)
Cara Download dan Membuka File di atas ini, baca di sini, klik di sini...
Untuk mendapatkan password RAR silahkan baca pada halaman ini (klik di sini)
CARA INSTALL untuk FL Studio 5 :
1. Extract file RAR yang telah Anda download, klik kanan, extract here.
2. Karena file master FL Studio 5 ini berupa image, silahkan install dulu software Alcohol yang sudah saya sertakan di dalam folder. Buka installer Alcohol, klik install tapi ingat GAK PERLU klik centang pada halaman pertama yakni "Install homepage search engine hi.ru", bila muncul halaman pilih bahasa pilih "English Language", selain itu klik next next seperti biasa.
3. Setelah Alcohol terinstall, silahkan buka software Alcohol yang ada di dekstop, bila muncul Online Check klik "No". Tunggu hingga virtual dvd room terinstall di komputer Anda.
4. Silahkan buka windows explorer Anda, klik Computer atau This PC, lihat di bawah hardisk maka akan muncul DVD Room virtual Anda dengan nama "BD ROOM Drive", klik kanan disitu, klik Mount Image, cari dan buka file image Fruit Loops 5 yang telah ada di folder Download Anda tadi.
5. Install Fruit Loops seperti biasa klik next next, di halaman memasukkan Serial Number silahkan masukkan serial numbernya di bawah ini :
Serial Number FL Studio 5 : PC3E5-ENGUT-TH6PV-MDMJY

FL STUDIO 11.1 (Untuk Spek Komputer Tinggi Minimal Core i3 RAM 4GB)
Cara Download dan Membuka File di atas ini, baca di sini, klik di sini...
Untuk mendapatkan password RAR silahkan baca pada halaman ini (klik di sini)
CARA INSTALL untuk FL Studio 11.1 :
1. Extract file RAR yang telah Anda download, klik kanan, extract here.
2. Buka setup Install seperti biasa dengan klik accept, next, next, next, install, dst...
3. Buka/install file crack "FLRegKey" yang berupa file register di dalam folder "Reg R2R"
4. Selesai

CARA MENGGUNAKAN FL STUDIO

Kalau sudah terinstal bagaimana cara menjalankan atau Menggunakan Program FL Studio itu sendiri, yakni dengan cara mengklik dua kali pada shortcut FL Studio yang ada, sehingga akan menghasilkan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.



Pengenalan Isi dari FL Studio
Kalau sudah nampak seperti pada gambar di atas, trus fungsi yang ada di dalam itu apa saja..?? layaknya sebuah program pasti memiliki menubar dan di bawah ini adalah gambar dari menu bar FL Studio



Fungsi menu bar pada FL Studio ini seperti terlihat pada gambar ada File yang berfungsi untuk menyimpan, open, membuat file baru dan sebagainya seperti layaknya setiap program yang memiliki menu bar. kemudian ada edit yang fungsinya memotong, mengkopi, dan lain sebagainya dan di situ sebenarnya jelas fungsinya dan saya rasa kalau untuk menu bar itu sendiri dapat kita bahas kelanjutannya pada Tutorial FL Studio berikutnya.

Kemudian ada juga yang namanya toolbar, seperti terlihat pada gambar berikut ini :


Fungsi Toolbar pada FL Studio, untuk mengetahui fungsi-fungsi dari pada toolbar dan apa namanya kita tinggal mengarahkan krusor mouse kita ke bagian toolbar tersebut sehingga akan nampak nama dari pada toolbar tersebut beserta sortcutnya di bagian menubar. dan ini akan saya jelaskan pada tutorial berikutnya.

Kemudian ada yang namanya step sequencer, seperti terlihat pada gambar berikut ini :


Fungsi Step Sequencer pada FL Studio, inilah tempat kita mengisi alat musik yang akan kita mainkan seperti bass, drum, dll sebagainya yang ingin kita mainkan, dan dengan step sequencer ini kita akan membuat pattern-pattern dari lagu kita secara terpisah, yang nantinya jika di gabungkan akan menghasilkan suatu lagu, yang akan kita gabungkan lewat playlist seperti terlihat pada gambar berikut ini.


Untuk menggunakan atau Cara Menggunakan Playlist FL Studio itu sendiri akan kita bahas pada tutorial berikutnya tapi untuk sekarang kita akan membahas cara mudah dulu seperti mengisi alat musik ke step sequencer dan untuk mengisi alat musik ke dalam step sequencecukup klik kanan pada channel yang seperti terlihat di atas ada channel sampler kemudian pilih insert atau replace, trus tinggal pilih alat musik yang kita inginkan.  

bagaimana cara memainkan alat musik tersebut? kita dapat menggunakan tuts keyboard pada PC atau Laptop kita. Tombol nada nya seprti ini :
z : c
s : c# / cis
x : d
d : d# / dis
c : e
v : f
g : f# / fis
b : g
h : g# / gis
n : a
j : a# / bmol
m : b
<, atau q : c tinggi

dan seterusnya dapat di coba sendiri, trus gimana merekam atau menyimpan nada di FL Studio ?,

kali ini saya ingin mengajarkan cara yang lebih mudah tanpa membingungkan kita tentang memainkan alat musik dengan tuts keyboar PC kita. kita bisa klik kanan pada channel yang ingin kita isi nadanya trus pilih piano roll yang gambarnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Klik pada bar yang kosong di piano rull sehingga menghasilkan tampilan seprti garis hijau di gambar di atas. dan kita dapat merubanya kapan saja menghapusnya cukup dengna mengklik kanan pada garis hijau tersebut, serta kita dapat mendengarkan hasil nada yang kita buat dengan menekan play.

Selain hal diatas ada lagi satu alat daripada FL Studio yang membuat ini nampak seprti Studio beneran, yakni mixer dari FL Studio itu sendiri, Na inilah yang saya katakan Studio Rumahan. karena dengan FL Studio, kita memiliki apa yang kita dambakan yaitu satu set alat studio murah. sehingga kita dapat mengontrol trak yang kita buat sehingga menjadi satu lagu yang enak di telinga. mixer FL Studio seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



Cara menggunakan mixer kita hanya menginsert channel yang telah ada ke dalam mixer dengan cara, klik pada channel yang ada dan akan muncul tampilan seprti pada gambar berikut ini.


kemudia tingal klik pada fx seperti terlihat pada gambar yang ada angka tujunya klik pada angka tersebut dan arahkan krusor ke atas atau ke bawah, sehingga dari pada itu kita akan memilih channel tersebut masuk di insert mixer berapa, sehingga channel kita sudah terinsert ke mixer, dan hal ini dapat berlaku pada semua channel yang telah kita buat.

Saya rasa dengan begini gambaran tentang apa Pengenalan FL Studio itu sudah sekian persen cukup jelas, dan untuk pembelajaran lebih lanjut, nanti kita bahas pada tutorial berikutnya.

Rey Arifin (Arizal Firmansyah) adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia dan Komunitas Blogger Indonesia.
Baca : Profil Lengkap Rey Arifin. Hubungi : Kontak Rey Arifin.


EmoticonEmoticon